Bersatu Memerangi Sampah Di Pantai Dan Laut Karimunjawa

Karimunjawa, 19 Agustus 2019. Balai Taman Nasional Karimunjawa SPTN Wilayah II Karimunjawa mengajak siswa siswi SDN 6 Karimunjawa dan SDN 1 Kemujan melakukan aksi bersih pantai di Pantai Anora, Dusun Kemloko, Desa Karimunjawa, Kec. Karimunjawa, Kab. Jepara. Kegiatan ini bertujuan untuk memupuk semangat pelestarian alam dan lingkungan hidup khususnya bagi generasi milenial.

Aksi bersih pantai yang dilaksanakan tanggal 16 Agustus 2019 mulai pukul 08.00 s/d 10.30 Wib ini didahului dengan materi kelas mengenai sampah laut dan bersih pantai. Selanjutnya peserta praktek bersih pantai mengumpulkan sampah berdasarkan kategori sampah plastik, logam, kaca dan non organik lainnya. Sampah dikumpulkan dan ditimbang, dengan hasil sekitar 200 kg sampah dari berbagai kategori.

Di Pantai Legon Lele juga diadakan kegiatan bersih pantai pada tanggal 18 Agustus 2019 yang diikuti oleh para stakeholder di Karimunjawa, yaitu WCS IP, Balai TNKj, Kecamatan Karimunjawa, Koramil 10 Karimunjawa, Pelabuhan Perikanan Pantai Karimunjawa, DPC HPI Karimunjawa, Pemuda Ansor dan Banser Karimunjawa. Sampah organik dikumpulkan di pinggir pantai sedangkan sampah anorganik (plastik) dikumpulkan dalam kantong sampah sesuai kategori plastik, logam atau kaca. Sebagian besar sampah merupakan sampah organik yang berupa krangkam dan lamun.

Tidak hanya pantai, laut juga menjadi sasaran para pecinta lingkungan untuk ikut melakukan aksi bersih-bersih. Di Perairan Zona Inti Legon Janten TN. Karimunjawa oleh para penyelam dari Balai TNKj SPTN Wilayah II Karimunjawa dan WCS IP dilaksanakan bersih laut yang dimulai pukul 14.00 s/d 16.00 Wib. Hasil dari kegiatan tersebut ditemukan sampah laut berupa sisa sisa jaring/tali cantrang, bambu, botol plastik dan sampah laut lainnya yang terkait di terumbu karang. Terumbu karang dibebaskan dari jaring,  kemudian jaring sampah di tarik ke daratan. Sampah laut berbobot sekitar 200 kg.

Sejak Tahun 2018 sudah 6 kali aksi bersih pantai dan laut dilaksanakan di Karimunjawa yang didukung oleh para pihak baik dari MUSPIKA Karimunjawa, WCS IP, masyarakat, Pelaku Usaha Pariwisata maupun Ormas. Sedikitnya ada 2 ton lebih sampah yang terdiri dari plastik, styrofoam, kaca, tali, jarring, spon, karet, seng berhasil dibersihkan dari pantai dan laut. Semoga komitmen memerangi sampah di pantai dan laut menjadi budaya hidup seluruh masyarakat Karimunjawa dan para wisatawannya.

Sumber : Balai Taman Nasional Karimunjawa

 

 

 

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini