Pelepasan Tim Ekspedisi Merah Putih Puncak Bukit Raya 2019

Sintang, 13 Agustus 2019. Memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia, Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (BTNBBBR) memberangkatkan Tim Ekspedisi Merah Putih Puncak Bukit Raya yang membawa mandat pelaksanaan Upacara Peringatan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada Puncak Kakam, Bukit Raya – 2.278 m.dpl. Ekspedisi Merah Putih Puncak Raya dibagi dalam dua tim pendakian yaitu tim yang bertolak dari jalur pendakian Kalimantan Barat dan jalur pendakian Kalimantan Tengah. Puncak Bukit Raya dikenal dikalangan pendaki sebagai salah satu puncak tertinggi di Indonesia wilayah Kalimantan dan menjadi agenda Seven Summit Indonesia.

Tim ekspedisi jalur Kalimantan Barat beranggotakan 8 (delapan) orang yang terdiri dari personil Balai TNBBBBR, Akademisi dan Perwakilan Mitra Pengelolaan TNBBBR. Dengan jumlah anggota 6 (enam) orang tim ekspedisi dari jalur pendakian Kalimantan Tengah seluruhnya diikuti oleh personil BTNBBBR.  Rencananya Kepala balai TNBBBR akan melintasi jalur pendakian Kalimantan Barat sampai Puncak Kakam dan turun melalui jalur pendakian Kalimantan Tengah. Ekspedisi ini menjadi momentum penting bagi pengelolaan TNBBBR terutama sebagai wahana promosi wisata pendakian dan uji coba rute pendakian lintas provinsi.

Upacara pelepasan Tim Ekspedisi Merah Putih dilaksanakan di halaman kantor Balai TNBBBR. Membuka kegiatan tersebut, Kepala Balai menyampaikan laporan singkat kepada Bupati Sintang perihal pemberdayaan masyarakat desa binaan TNBBBR yang selama ini telah dilaksanakan di Desa Rantau Malam; Kabupaten Sintang. Pemberdayaan yang telah dilaksanakan berupa penguatan kapasitas dan kelembagaan kelompok jasa pelayanan wisata, homestay, transportasi dan kerajinan. Pada kesempatan ini Kepala Balai TNBBBR, Agung Nugroho, S.Si., M.A. memperkenalkan teknologi paperless promotion yang selama ini telah dimanfaatkan oleh Balai TNBBBR untuk penyebaran informasi pengelolaan secara ramah lingkungan berbasis QR code tanpa kertas.

Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M.Med.Ph. berkenan hadir dan secara simbolis mengantar keberangkatan tim ekspedisi dalam upacara pelepasan tersebut.  Bupati Sintang merasa bangga bahwa tim ekspedisi yang diketuai langsung oleh Kepala Balai TNBBBR, Agung Nugroho, S.Si., M.A.  memiliki inisiatif untuk menaklukan salah satu puncak tertinggi Indonesia di Pulau Kalimantan. Apresiasi terhadap pengelolaan TNBBBR disampaikan Bapak Bupati Sintang atas capaian dalam hal pemberdayaan masyarakat, yang secara nyata mampu menghidupkan aktifitas wisata pendakian sebagai salah satu sumber pendapatan bagi masyarakat di Desa Rantau Malam.

Dalam sambutannya, Bupati Sintang menyampaikan pesan bahwa alam semesta adalah ibarat ibu bagi kita semua oleh karenanya harus kita jaga kelestariannya. Pada kesempatan tersebut Bupati Sintang juga menyampaikan perihal perubahan paradigma dalam pengelolaan sumberdaya alam. Aktifitas-aktifitas yang pada mulanya bertumpu pada kegiatan ekstraktif harus secara perlahan didorong pada kegiatan ekonomi kreatif, seperti pelayanan ekoturisme, jasa interpretasi dan industri kerajinan.

Pelepasan Tim Ekspedisi Puncak Raya 2019 dilaksanakan secara seremonial dengan penyematan slayer langsung oleh Bupati Sintang Bapak dr. Jarot Winarno, M.Med.Ph. kepada Bapak Agung Nugroho, S.Si., M.A.  selaku Ketua Tim Ekspedisi sekaligus Kepala Balai TN. Bukit Baka Bukit Raya. Bupati Sintang berharap agar kegiatan ekspedisi dapat berjalan dengan lancar dan keseluruhan anggota tim dapat kembali dengan selamat.

Sumber : Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini