Balai TN Bukit Tiga Puluh Berikan Bantuan Bibit Rotan Kelukup

Selasa, 19 Desember 2017

Batang Gansal, 18 Desember 2017. Masyarakat dusun yang tergabung dalam Kelompok Tani Hutan (KTH) Tualang Sejahtera, KTH Jelemu Bengayauan dan KTH Tunas Harapan.  secara simbolis, menerima bantuan ekonomi pengembangan usaha produktif masyarakat berupa bibit rotan kelukup. Acara serah terima bantuan ekonomi ini dilaksanakan di Kantor Kecamatan Batang Gansal (18/12/2017) tepat pukul 09.30 WIB. Acara  dihadiri oleh Sekretaris Camat Batang Gansal, Kepala Desa Siambul, Kepala Desa Rantau Langsat, pegawai kecamatan dan perwakilan kelompok tani hutan.

Kepala Balai TN Bukit Tiga Puluh (TNBT) Darmanto SP.,M.AP dalam pengantarnya menyampaikan “Bantuan ekonomi ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam hal pengembangan rotan kelukup dan melestarikan rotan kelukup itu sendiri, diharapkan para pihak terkait seperti Kepala Desa dan Camat Batang Gansal dapat mendukung dan mendorong kegiatan KTH tersebut”.

Balai TNBT selaku pihak pertama menyerahkan bantuan ekonomi total sebanyak 9.000 bibit rotan kelukup untuk ketiga kelompok. Masing-masing kelompok menerima bantuan bibit sebanyak 3.000 bibit rotan kelukup. Sesuai dengan perjanjian yang tertera pada Berita Acara Serah Terima (BAST) bantuan, kelompok selaku pihak kedua memiliki kewajiban untuk menanam dan memelihara bibit yang telah diberikan. Lokasi penanaman bibit dilakukan di zona tradisional TNBT untuk KTH kemitraan zona tradisional dan di luar TNBT bagi kelompok desa binaan.

Pada kesempatan ini juga dilakukan Penandatanganan berkas kerja sama kemitraan zona tradisional dengan KTH Tualang Sejahtera dan Jelemu Bengayauan. Kemitraan ini mengangkat tema “Budidaya dan Pemanfaatan Hasil Hutan Bukan Kayu Rotan Kelukup” dengan target luasan sebesar 25 Hektar. Penandatanganan berkas kerja sama ini disaksikan oleh Sekcam Batang Gansal dan Kepala Desa terkait.

Penyerahan bantuan ekonomi ini adalah tahap akhir dari rangkaian program pemberdayaan masyarakat baik di dalam maupun di daerah penyangga TNBT. Untuk pemberdayaan masyarakat di daerah penyangga, dipilih Desa Rantau Langsat, Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Indragiri Hulu sebagai desa binaan TNBT periode 2015 s.d 2019. Rangkaian kegiatan pembinaan yang telah dilakukan antara lain kegiatan fasilitasi pembentukan kelompok, penyusunan Rencana Kerja Tahunan kelompok dan peningkatan kapasitas kelompok melalui pelatihan budidaya rotan kelukup.

Adapun KTH Tualang Sejahtera dan KTH Jelemu Bengayauan adalah KTH yang dibentuk untuk mendukung program pengembangan kemitraan di zona tradisional TNBT. Kedua KTH tersebut menyasar masyarakat suku tradisional Talang Mamak yang tinggal di zona tradisional TNBT. KTH Jelemu Bengayauan terletak di Dusun Bengayauan, Desa Rantau Langsat, Kec. Batang Gansal, dengan total anggota sebanyak 30 orang. Sedangkan KTH Tualang Sejahtera terletak di Dusun Tualang, Desa Siambul, Kec. Batang Gansal, dengan total anggota sebanyak 24 orang. KTH Tualang Sejahtera adalah sasaran role model TNBT Tahun 2018 yaitu tentang Pengelolaan Zona Tradisional Talang Mamak.

Hampir sama dengan pembinaan desa penyangga, pada tahap awal dilakukan pemetaan masyarakat dan identifikasi potensi zona tradisional pada tahun 2016 , TNBT melakukan sosialisasi program pengembangan kemitraan zona tradisional dan pembentukan kemitraan. Setelah terbentuk kelompok sesuai kesepakatan bersama masyarakat suku yang ditunjuk, dilanjutkan penyusunan Rencana Kerja Tahunan kelompok dan peningkatan kapasitas berupa pelatihan budidaya rotan kelukup.

Dengan adanya bantuan bibit ini, diharapkan usaha alternatif masyarakat dapat berkembang dan HHBK rotan kelukup tetap terjaga kelestariannya, begitu juga dengan TNBT.

Sumber : Balai TN Bukit Tiga Puluh

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini