Berbagi Ilmu Pengetahuan dan Senyuman Untuk Masyarakat Kampung Isenebuai

Buku adalah jendela ilmu pengetahuan dan kegiatan membaca buku merupakan suatu cara untuk membuka jendela tersebut agar kita bisa memperoleh banyak ilmu pengetahuan. Kegiatan tersebut dapat dilakukan oleh siapa saja, anak-anak, remaja, dewasa, maupun orang-orang yang telah berusia lanjut.

Sadar akan hal itu Penyuluh Kehutanan bersama staff Bidang Pengelolaan Taman Nasional (BPTN) Wilayah 3 Yembekiri Melaksanakan kegiatan “Berbagi buku bersama Masyarakat Kampung Isenebuai”. Diharapkan melalui kegiatan tersebut “Berbagi Ilmu Pengetahuan dan Berbagi Senyuman” dapat tersalurkan untuk masyarakat kampung Isenebuai. Buku yang dibagikan merupakan donasi dari pegawai Balai Besar Taman Nasional Teluk Cenderawasih.

Sebanyak 30 Masyarakat yang terdiri dari orang tua dan remaja  di kampung Isenebuai menerima buku yang berisi berbagai materi menarik yang dapat menambah pengetahuan serta diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Materi buku yang dibagikan berupa resep-resep masakan, cara pembuatan pupuk kompos, renungan rohani, kiat-kiat bertani, budidaya, dll.

Metode yang digunakan dalam membagikan buku kepada masyarakat adalah dengan menggunakan metode anjangsana (melakukan kunjungan kerumah masyarakat secara langsung). Alasan pemilihan metode anjangsana adalah untuk menghindari kerumunan massa akibat pandemi covid-19.

Buku tidak hanya dibagikan kepada orang tua, namun juga dibagikan kepada anak-anak yang sebagian besar masih bersekolah. Hal ini bertujuan agar ilmu pengetahuan dapat dirasakan oleh berbagai usia. Sebanyak 32 anak menerima buku yang berisi materi pembelajaran sekolah seperti kumpulan ujian nasional, atlas dunia, dll. Yang tentunya sangat bermanfaat bagi mereka.

Namun metode yang digunakan dalam membagikan buku kepada anak-anak berbeda dengan orang dewasa. Metode yang digunakan adalah dengan metode diskusi kelompok (pengumpulan massa). Hal ini disebabkan pada saat akan melaksanakan pembagian buku secara anjangsana, banyak anak-anak yang tidak berada dirumah, sehingga dikhawatirkan banyak anak yang tidak menerima buku secara langsung. Pembagian buku secara langsung bertujuan agar pesan dan motivasi yang ingin disampaikan oleh tim pelaksana kepada adik-adik agar semakin giat membaca juga dapat tersampaikan secara langsung. Meskipun pembagian buku menggunakan metode diskusi (Pengumpulan massa), tim pelaksana sudah mempertimbangkan dan menjaga keamanan kondisi lapangan dari covid-19 dengan sangat baik sebelum pelaksanaan dimulai.

Kegiatan berjalan dengan lancar, masyarakat yang terdiri dari orang dewasa, remaja maupun anak-anak merasa sangat senang dan diharapkan kedepannya perlu dilaksanakan kegiatan lanjutan untuk lebih meningkatkan minat baca masyarakat terutama anak-anak yang merupakan generasi penerus masa depan.

 

Sumber: Balai Besar Taman Nasional Teluk Cenderawasih

Friska Gressia Sianturi, S.Hut (Calon Penyuluh Kehutanan Pertama)

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini