Peningkatan Kapasitas SDM Masyarakat Desa Sembilang CA Teluk Kelumpang

Sembilang, 27 November 2019 – Silaturahmi ke Desa Sembilang merupakan bagian dari penguatan SDM kepada kelompok Al-Baroqah pembudidayaan itik yang dibentuk pada tahun 2018 yang beranggotakan 30 orang berkolaborasi dengan PT. Arutmin Indonesia. Kepala Seksi Konservasi Wilayah 3 Batulicin Nikmat Hakim Pasaribu, S.P, M.Sc yang diwakili oleh Kepala Resort Teluk Kelumpang Achmad Nabawi, Fakhruraji, Yusriansyah, Chairil Fahmi dan Faisal Akbar bersilaturahmi bersama-sama Perwakilan PT. Arutmin Indonesia dihadiri Syamsiralam, Kamaruddin dan Noor Firdaus. Penguatan dihadiri penyuluh peternakan dari pemerintah Kabupaten Kotabaru Syahyudi sebagai Narasumber.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kelompok Al-Baroqah  dan meningkatkan pengalaman anggota kelompok sehingga budidaya itik petelur bisa semakin berhasil. Kegiatan juga sekaligus untuk melihat sejauh mana perkembangan para peternak selama ini. Menurut Awaludin Anggota kelompok masyarakat Desa Sembilang sangat mengapresiasi kegiatan ini, anggota kelompok dan narasumber berdiskusi tentang cara budidaya yang baik, pemilihan pakan non komersil sampai ke pencegahan serangan hewan buas terhadap itik.

Diharapkan dengan adanya pengetahuan baru yang telah didapatkan dapat meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia Kelompok Masyarakat Desa Sembilang, hasil budidaya itik petelur semakin meningkat sehingga dapat mempengaruhi ekonomi masyarakat kearah yang lebih baik. Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan Dr.Ir Mahrus Ayadi, M.Sc., mengapresiasi dan mendukung kemajuan yang telah dicapai, dan mengharapkan kegiatan ini bisa menjadi lebih baik sehingga menjadi contoh dan dapat dikembangkan ditempat lain. (ryn)

Sumber : Achmad Nabawi - Kepala Resort CA Teluk Kelumpang, Seksi Konservasi Wilayah III Batulicin Balai KSDA Kalimantan Selatan

2WhatsApp Image 2019-12-02 at 13.14.32 (1)

 

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini