Refleksi Kegiatan AWC di Indonesia dan Informasi Pelaksanaan Tahun 2019

Jakarta – 10 Januari 2019, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bekerjasama dengan Wetlands International Indonesia sejak tahun 1986 telah mencanangkan Asian Waterbird Census (AWC). Kegiatan ini menjadi salah satu perangkat bagi upaya konservasi burung air (dan burung air migran) serta lahan basah sebagai habitatnya. Kegiatan AWC merupakan Citizen Science yang tertua di Indonesia dan sejak pertengahan 1980-an, sukarelawan di wilayah Asia dan Australasia, termasuk Indonesia, telah mengunjungi lokasi-lokasi lahan basah dan melakukan penghitungan burung air.

Prakarsa Citizen Science yang bersifat sukarela tersebut berhasil mengumpulkan rangkaian data dan informasi yang sangat masif, tidak kurang dari 2,4 juta catatan selama 23 tahun terakhir dari seluruh dunia. Selain itu, terkumpul juga informasi mengenai kondisi terkini dan ancaman yang dihadapi oleh lahan basah yang merupakan habitat burung air. Saat ini AWC menjadi bagian dari program Kemitraan Nasional Konservasi Burung Bermigrasi dan Habitatnya (KNKBBH) di Indonesia. Selain itu, Asian Waterbird Census berbasis Citizen Science telah melaksanakan konsep pengumpulan, pengolahan, dan pemanfaatan data secara bersama-sama dan terbuka. Konsep ini telah memberikan jawaban terkait kebutuhan data dan informasi untuk Indonesia yang sangat luas. Melalui Citizen Science, data dapat dikumpulkan secara real time, cakupan yang luas dan dengan prinsip kesukarelaan. Konsep ini yang selayaknya dikembangkan di negara kita. Dalam beberapa tahun terakhir, penerapan Citizen Science melalui AWC telah mengindikasikan prospek yang sangat baik dalam mendukung upaya konservasi burung air dan habitatnya di Indonesia, termasuk pada tataran penyadartahuan dan pelibatan masyarakat. Setidaknya dalam lima tahun terakhir jumlah sukarelawan/kontributor terus meningkat signifikan dari tahun ke tahun.

Pada pelaksanaan AWC 2018 lalu, jumlah sukarelawan telah mencapai lebih dari 400 orang, yang terdiri dari unsur-unsur: pemerintahan, perguruan tinggi, LSM, komunitas lokal, swasta, pelajar, hingga pengamat dan peneliti individu. Sejalan dengan peningkatan jumlah sukarelawan, jumlah burung air yang teramati dan lokasi pengamatannya pun meningkat. Pada AWC tahun 2017 dan 2018 bahkan terhitung mencapai lebih dari 60 ribu individu burung air, terbanyak dalam sejarah pelaksanaan AWC di Indonesia. Jumlah tersebut mencakup lebih dari 50 % jumlah spesies burung air yang pernah tercatat di Indonesia. Hasil tersebut tercatat di lebih dari 130 lokasi pengamatan di Indonesia yang dikunjungi para sukarelawan.

Direktorat Konservasi Keanekaragaman Hayati KLHK, sebagai National Focal Point KNKBBH dan juga Kemitraan Jalur Terbang Asia Timur-Australasia, memiliki peran strategis dalam upaya konservasi burung air, yaitu melaksanakan peran koordinasi dalam pelaksanaan kegiatan di Indonesia. Kemitraan Nasional ini juga berperan dalam mengumpulkan informasi mengenai berbagai kegiatan dan inisiatif terkait dengan pelestarian burung air bermigrasi di Indonesia, dan kemudian menyampaikan informasi tersebut kepada para pemangku kepentingan yang membutuhkannya.

Untuk pelaksanaan selanjutnya, kami mengajak organisasi, lembaga, institusi pendidikan, perusahaan, kelompok pencinta alam, kelompok pengamat burung dan individu yang tertarik untuk bersama-sama melakukan pengamatan burung air selama bulan Januari 2019. Ini adalah kegiatan dari kita untuk kita dan milik kita, jadi kami mengajak teman-teman untuk turut mengkampanyekan pelestarian burung air selama tahun 2019 dan mempublikasikan berbagai kegiatan tersebut di website dan media sosial. Kami akan menyediakan sebuah sertifikat digital internasional untuk setiap kontributor.

Kami ucapkan terima kasih atas dukungan dan kerja sama yang baik selama ini.

Sumber : Direktorat KKH 

--------------------

Informasi lebih lengkap mengenai pelaksanaan kegiatan AWC 2019 di Indonesia dapat diakses pada tautan berikut ini:

Informasi AWC 2019 (PDF):

https://indonesia.wetlands.org/download/3429/

Formulir AWC 2019 (Excel):

https://indonesia.wetlands.org/download/3425/

#waterbirdscount #asianwaterbirdcensus #AWCIndonesia2019 #AWC2019 #Indonesia #Januari #KemitraanNasionalBurungMigrasi #KNKBBH2019

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini