Penyerahan Bantuan Kepada Masyarakat Kereng Bangkirai Oleh Balai TN Sebangau

Jumat, 14 Desember 2018

Palangka Raya, 14 Desember 2018. Pada tanggal 9 Desember 2018, pihak Balai TN Sebangau telah menyerahkan bantuan ekonomi produktif kepada dua kelompok masyarakat binaan Balai TN Sebangau di Kelurahan Kereng Bangkirai, Kota Palangka Raya. Bantuan tersebut secara simbolis diserahkan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Kalimantan Tengah (Dr. Guntur Talajan, S.H, M.Pd) didampingi oleh Kepala Balai TN Sebangai (Ir. Anggodo, MM) dan Kepala SPTN Wilayah I (Lisna Yulianti, S.Hut, M.Sc).

Dua kelompok tersebut adalah kelompok perahu getek wisata Maju Mandiri dan kelompok nelayan tradisional Kereng Permai. Secara administratif letak Kelurahan Kereng Bangkirai berbatasan secara langsung dengan kawasan TN Sebangau dan masyarakat Kereng Bangkirai dalam kesehariannya memiliki interaksi yang cukup tinggi dengan TN Sebangau. Interaksi tersebut diantaranya dalam bentuk mencari ikan di zona tradisional dan jasa transportasi wisata yang ditawarkan oleh masyarakat untuk berkunjung ke kawasan TN Sebangau.

Dalam penentuan jenis bantuan yang akan diberikan, sebelumnya telah dilakukan diskusi antara pihak Balai TN Sebangau dan kelompok masyarakat untuk didata potensi, keahlian yang dimiliki oleh anggota kelompok dan jenis bantuan apa yang sangat dibutuhkan oleh kelompok untuk dapat meningkatkan pendapatan. Bantuan yang diberikan kepada kelompok nelayan Kereng Permai adalah alat tangkap ikan tradisional mengingat mayoritas masyarakat Kereng Bangkirai bermata pencaharian sebagai nelayan. Bantuan yang diberikan kepada kelompok perahu getek wisata maju mandiri adalah 6 buah kano yang nantinya akan digunakan untuk meningkatkan atraksi wisata di TN Sebangau, khususnya Resort Sebangau Hulu. Diharapkan bantuan ini dapat dikelola dengan baik oleh kelompok masyarakat sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

Sumber : Balai Taman Nasional Sebangau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini