Wana Trail Tambora 2017 “Selamatkan Hutan dan Lingkungan Melalui Ekspedisi Keliling Taman Nasional Tambora”

Senin, 20 Maret 2017

NTB - 19/03/2017, Kepala Balai Taman Nasional Tambora Budhy Kurniawan pada hari Minggu 19 Maret 2017 secara resmi membuka dan melepas kegiatan “Wana Trail Tambora (WTT) 2017” di halaman kantor Balai Taman Nasional Tambora. WTT 2017 merupakan kegiatan yang diselenggarakan Balai Taman Nasional Tambora dalam rangka membangun jiwa kebersamaan dalam menumbuhkan rasa kepedulian untuk menyelamatkan lingkungan dan menjaga kelestarian Taman Nasional Tambora. WTT 2017 ini diikuti kurang lebih 50 peserta yang berasal dari berbagai unsur seperti LSM pemerhati lingkungan, perwakilan club terabas Kabupaten Dompu dan Bima, perwakilan TNI dan Kepolisian termasuk pegawai Balai Taman Nasional Tambora.

WTT 2017 ini merupakan bagian dari kegiatan hari bakti rimbawan yang dirangkaikan dengan Hari Kehutanan Sedunia dan Hari Hutan Internasional yang dirayakan Balai Taman Nasional Tambora. WTT 2017 berlangsung selama tiga hari mulai dari tanggal 19 sd 21 Maret 2017. Kegiatan ini membawa misi “penyelamatan lingkungan melalui kebersamaan”. Peserta Wana Trail Tambora 2017 mengelilingi Taman Nasional Tambora dengan melintasi 12 desa dan 4 kecamatan lingkar Taman Nasional Tambora dengan total panjang rute + 237 Km. WTT 2017 Taman Nasional Tambora ini akan terbagi menjadi beberapa etape, yaitu:

Etape I : Kantor Balai Taman Nasional Tambora – Desa Kore dan Piong

Etape II :  Desa Piong – Desa Kawindato’i

Etape III : Desa Kawindato’I – Desa Pekat (Dusun Pancasila)

Etape IV : Desa Pekat (Dusun Pancasila) – Resort Doro Ncanga (Desa Soritatanga)

Etape V : Resort Doro Ncanga (Desa Soritatanga) – Desa Kempo

Etape VI : Desa Kempo – Kota Dompu

Dalam setiap etape peserta akan melalukan interaksi dengan masyarakat desa sekitar untuk melalukan kegiatan penanaman 1.000  sd 2.000 bibit, bakti lingkungan pada beberapa fasilitas umum (kantor kecamatan, puskemas pembantu, sekolah, tempat ibadah dan lain-lain) di sepanjang rute yang dilalui serta melalukan sosialisasi akan pentingnya menjaga kawasan hutan Taman Nasional Tambora. Misi WTT 2017 Taman Nasional Tambora ini diharapkan mampu menjadi media yang efektif dalam mensosialisasikan keberadaan Taman Nasional Tambora sebagai taman nasional ke-51 yang berusia kurang dari dua tahun. Peserta bermalam di Dusun Pancasila dimana malamnya  peserta akan melakukan kegiatan sosialisasi dengan masyarakat sekitar kawasan melalui pemuteran film tentang Taman Nasional Tambora. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa disekitar mereka ada Taman Nasional Tambora yang memiliki potensi yang luar biasa titipan Yang Kuasa yang harus dijaga dan dilestarikan bersama.

Pada tanggal 20 Maret 2017, peserta WTT akan melanjutkan perjalanan menyusuri jalan lingkar Taman Nasional Tambora menuju Resort Doro Ncanga. Selain melalukan kegiatan bakti lingkungan atau bakti sosial peserta melakukan “Ekspedisi Sapu Gunung Tambora” mulai dari pintu pendakian Doro Ncanga sampai Pos 3 yang merupakan pos pendakian terakhir sebelum menuju puncak Gunung Tambora. Peserta WTT selanjutnya bermalam dan beristirahat di Resort Doro Ncanga dimana untuk keesokan harinya melanjutkan misi lingkungan ke Desa Kempo dilanjutkan ke Kota Dompu yang merupakan akhir dari Event Wana Trail Tambora 2017.   

Sumber: BTN Tambora

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini