Penyerahan Bantuan ke Pengungsi Gempa Lombok

Rabu, 15 Agustus 2018

 

Mataram,  15 Agustus 2018. Balai Taman Nasional Gunung Rinjani menggelar aksi penggalangan dana dan bantuan fisik untuk membantu korban gempa yang dimulai sejak tanggal 7 Agustus 2018 dan mendirikan 2 posko utama yakni Posko Balai TN Gunung Rinjani dan Posko Seksi Pengelolaan Wilayah II Lombok Timur.

Donasi yang masuk ke rekening posko penggalangan dana Balai Taman Nasional Gunung Rinjani sampai dengan 13 Agustus 2018 adalah sebesar Rp 110.117.981 (Seratus Sepuluh Juta Seratus Tujuh Belas Ribu Sembilan Ratus Delapan Puluh Satu Rupiah) dari 113 donatur yang berasal dari individu, LSM, maupun Instansi Pemerintah. Donasi yang telah disalurkan sebesar Rp 74.824.251 (Tujuh Puluh Empat Juta Delapan Ratus Dua Puluh Empat Ribu Dua Ratus Lima Puluh Satu Rupiah) melalui pembelian paket sembako dan barang fisik lainnya. Paket tersebut diserahkan secara langsung kepada masyarakat yang berada di posko pengungsian maupun posko medis. Sisa donasi yang belum terpakai sebesar Rp35.293.730 (Tiga Puluh Lima Juta Dua Ratus Sembilan Puluh Tiga Ribu Tujuh Ratus Tiga Puluh Rupiah) dan akan terus disalurkan oleh Balai Taman Nasional Gunung Rinjani kepada korban gempa bumi.

Bantuan yang diberikan berbentuk paket sembako yang terdiri dari dus air mineral kemasan, dus mie instan, bungkus biskuit, susu, kopi, gula, minyak goreng, beras, telur dan nasi bungkus sedangkan barang lainnya berupa terpal, tikar, selimut, pakaian layak pakai, sarung, perlengkapan bayi, selang air, BBM, dan peralatan kesehatan. Jumlah bantuan yang telah diserahkan kepada korban gempa sebanyak 95 paket yang tersebar di 71 posko pengungsian (56 posko di Kab. Lombok Utara, 4 posko di Kab. Lombok Barat, 5 posko di Kab. Lombok Tengah, dan 6 posko di Kab. Lombok Timur) serta 1 posko medis.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan telah memberikan donasi sebesar Rp100.000.000 (Seratus Juta Rupiah) melalui rekening penggalangan dana Balai Taman Nasional Gunung Rinjani dan disalurkan langsung ke Posko BPBD Provinsi NTB. Secara keseluruhan, donasi yang dikelola oleh Balai Taman Nasional Gunung Rinjani yang berasal dari mitra TN Gunung Rinjani dan Ibu Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan berjumlah Rp 210.117.981 (Dua Ratus Sepuluh Juta Seratus Tujuh Belas Ribu Sembilan Ratus Delapan Puluh Satu Rupiah).

Balai Taman Nasional Gunung Rinjani menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah memberikan donasi dan bantuan fisik dalam rangka membantu korban bencana gempa bumi Lombok.

Upaya penggalangan donasi dan bantuan korban gempa bumi Lombok masih akan dilakukan oleh Balai Taman Nasional Gunung Rinjani sampai batas waktu tanggap darurat bencana alam gempa bumi Lombok yang telah ditetapkan oleh Gubernur Provinsi NTB yaitu tanggal 25 Agustus 2018 dan kami akan tetap melakukan koordinasi dengan posko utama penanggulangan gempa bumi. Apabila membutuhkan informasi terkait penggalangan donasi korban gempa Lombok yang dikoordinir oleh Balai Taman Nasional Gunung Rinjani serta penyaluran bantuannya dapat menghubungi Call Centre Balai Taman Nasional Gunung Rinjani dengan nomor 0811283939 atau melalui media sosial kami di twitter:@tnrinjani, instagram: gunungrinjani_nationalpark, Facebook: Taman Nasional Gunung Rinjani, dan website: tngr.menlhk.go.id.

Sumber : Balai Taman Nasional Gunung Rinjani

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini