PARADE KONSERVASI ALAM DALAM RANGKA PERINGATAN HARI KONSERVASI ALAM NASIONAL (HKAN) 2016

Jakarta, 14 Agustus 2016 – Jajaran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bersama dengan Kementerian/ Lembaga terkait serta mitra penggiat konservasi melakukan parade konservasi alam sekaligus jalan santai di sepanjang jalan Bundaran HI hingga Monumen Nasional pagi hari ini, 14 Agustus 2016. Acara ini diselenggarakan dalam rangka peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) tahun 2016 yang diperingati setiap tanggal 10 Agustus.

Peringatan Hari Konservasi Alam Nasional 2016 ini juga menjadi peringatan setahun berjalannya  program Tahun Merayakan Keanekaragaman Hayati Indonesia (Indonesia Celebrates Biodiversity) 2015-2016 dengan pengumpulan tandatangan sebagai bentuk dukungan dan ikut merayakan sebagai rasa syukur Indonesia memiliki keanekaragamn hayati yang unik yang perlu dijaga kelestariannya.

Parade diikuti oleh sekitar +1000 orang dari berbagai unsur seperti instansi pemerintah, mitra LSM, praktisi konservasi, perguruan tinggi, lembaga penelitian, lembaga konservasi, swasta dan masyarakat umum. Acara dimeriahkan dengan parade ikon satwa berupa badut satwa berbentuk gajah, harimau, badak, orang utan, dan ikon satwa lainnya diiringi musik tradisional dan parade massa yang  membawa pesan pelestarian dan merayakan keanekaragaman hayati Indonesia. Pawai diakhiri dengan pengumpulan satu juta tandatangan dukungan bagi upaya konservasi keanekaragaman hayati  Indonesia.

Kepedulian terhadap konservasi alam harus menjadi gaya hidup bangsa Indonesia. Peringatan HKAN bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan peran aktif masyarakat dalam penyelamatan keanekaragamanan hayati, kawasan konservasi dan lingkungan hidup. Peringatan HKAN dicanangkan tahun 2009 berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2009. Tanggal 10 Agustus sangat penting maknanya sebagai batu pijakan pengintegrasian konservasi alam dalam pembangunan nasional yang berkelanjutan dengan diterbitkannya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990.

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini