Balai TN Tesso Nilo Menyapa dan Duduk Bersama dengan Masyarakat

Pondok Kompeh, 13 Oktober 2021. Kepala Balai Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN)  Heru Sutmantoro, S.Hut, M.M melakukan kunjungan lapangan ke wilayah Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Lubuk Kembang Bunga (LKB) Resort Air Hitam Bagan Limau (AHBL) Dusun 5 Pondok Kompeh Desa Lubuk Batu Tinggal Kec. Lubuk Batu Jaya Kab. Inhu.

Kunjungan pertama ini, Heru menyerahkan bantuan pemberdayaan ekonomi masyarakat kepada kelompok tani Mitra Sejahtera. Adapun bantuan yang diserahkan berupa modal usaha untuk peternakan kambing. Bantuan usaha ini merupakan program Balai TNTN untuk masyarakat sekitar kawasan TNTN dalam mendorong kesejahteraan masyarakat secara ekonomi. Ada 18 ekor Kambing yang didapatkan dari bantuan usaha ekonomi ini, Heru berharap kelompok tani Mitra Sejahtera betul-betul serius mengelola dan mengembangkan usaha ternak Kambing ini agar ada peningkatan ekonomi masyarakat sehingga cita-cita hutan lestari masyarakat sejahtera segera terwujud.  

Wakil Ketua I DPRD Kab. Inhu, Masyrullah, SP mengucapkan terima kasih dan sangat menyambut baik program dari Balai TNTN untuk masyarakat, khususnya masyarakat Desa LBT. Hal serupa juga diucapkan oleh Kepala Desa Lubuk Batu Tinggal (LBT) Suherdi, yang sangat senang, bahagia dan berterima kasih atas perhatian dari Balai TNTN terhadap masyarakat desa LBT. Kades LBT juga menekankan bahwa akan menjamin masyarakat LBT khususnya yang berdomisili di Dusun 5 Pondok Kompeh tidak akan ada yang melakukan perambahan dan illegal loging di dalam kawasan TNTN.

Untuk melengkapi dan menutup rangkaian kunjungan, Kepala Balai TNTN melakukan penanaman secara bersama di pinggir Sungai Pondok Kompeh. Adapun jenis tanaman yang ditanam oleh Kabalai TNTN adalah jenis Durian dan Aren. Semoga ternak Kambingnya berkembang dan tanaman yang ditanam bersama tumbuh besar.

Hadir dalam kunjungan antara lain Wakil Ketua I DPRD Kab. Inhu, Masyrullah, SP., Kepala Desa LBT Suherdi beserta perangkat desanya serta seluruh masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani Mitra Sejahtera.

Sumber: Ahmad Gunawan, S.Hut – Kepala Resort Air Hitam Bagan Limau Balai Taman Nasional Tesso Nilo

 

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini