Bayi Naga Asli Indonesia disita di Bandara Internasional Supadio Pontianak

Senin, 13 November 2017

Pontianak – 13 November 2017, Reptil kecil sepanjang ± 15 cm ini berwarna hitam kecoklatan, berduri di sekujur tubuhnya hingga keekor, memiliki ekor kaku dan meruncing. Terlihat  noktah merah di sekeliling mata reptil ini. Juga terlihat semacam surai berduri di lehernya. Sekilas, satwa ini mirip buaya atau bayi naga dalam dongeng. Bagi masyarakat awam pastilah terkejut dengan perawakan menyeramkan satwa satu ini.

Selidik kemudian terkuaklah bahwa reptil tersebut bernama "kadal duri mata merah atau kadal buaya". Reptil asal papua ini biasa menjadi komoditi satwa peliharaan para pecinta reptil.

Balai KSDA Kalimantan Barat bekerjasama dengan PT Angkasa Pura II Bandara Supadio pada 10 November 2017 ini berhasil menggagalkan usaha penyelundupan reptil ini. Modusnya yaitu menggunakan jasa pengiriman dari Pontianak menuju Jakarta dengan mengakuinya sebagai paket makanan ringan. Reptil tersebut kemudian diamankan dan di sita oleh BKSDA Kalbar.  Kita hendaklah bijak dalam menyayangi satwa, karena bukan tidak mungkin akan menjadi boomerang bagi diri kita atau mungkin malah menyakiti satwa kesayangan kita.

Sumber: BKSDA Kalimantan Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 3

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini