Pembinaan Habitat dan Monitoring Populasi Kakatua Jambul Kuning

Selasa, 08 Oktober 2024 BBKSDA Jawa Timur

Sumenep, 7 Oktober 2024. Balai Besar KSDA Jawa Timur melalui Seksi KSDA Wilayah IV melaksanakan kegiatan pembinaan habitat dan monitoring populasi Kakatua jambul-kuning (KJK) pada  28 September hingga 5 Oktober 2024 di Pulau Masakambing, Kecamatan Masalembu, Kabupaten Sumenep. Kegiatan ini juga berkolaborasi bersama Dinas Kehutanan Provinsi Jatim, CDK. Kehutanan Sumenep dan Dinas Pariwisata Kab. Sumenep.

Pembinaan habitat KJK dilakukan dengan menaman pohon penting untuk menambah ketersediaan pohon pakan, pohon sarang maupun pohon tidur.  Tim menanam pada 10 bidang lahan yang sudah ditentukan, 9 bidang lahan masyarakat di daratan, serta 1 bidang lahan berada di area mangrove. Adapun jenis pohon yang ditanam sebanyak 1.098 bibit meliputi bibit kelapa, randu, mangrove, kedondong, belimbing wuluh, belimbing buah, saga, jeruk, dan sawo.  

Disamping itu, tim juga melakukan perlindungan terhadap pohon-pohon sarang, untuk mengurangi resiko adanya serangan predator terhadap KJK. Perlindungan ini dilaksanakan dengan memberikan pengaman berupa fiber pada 8 pohon sarang/calon pohon sarang.

Populasi Kakatua

Selama 6 hari tim juga melakukan monitoring populasi KJK subspesies Cacatua sulphurea abbotti dengan metode Point Count pada 9 titik lokasi pengamatan. Dari hasil rekapitulasi didapatkan nilai dugaan populasi sebanyak 29 ekor. Jumlah tertinggi ini terjadi pada 1 Oktober 2024 di pengamatan sore hari.

Sedangkan jumlah pohon sarang atau yang berpotensi menjadi pohon sarang yang berhasil didata sebanyak 7 pohon.  Masing-masing di mangrove 1 pohon, dan di daratan sebanyak  6 pohon.

Di waktu yang sama tim dari Dinas Kehutanan Provinsi Jatim dan CDK Sumenep melakukan monev pemberian bantuan berupa bibit tanaman MPTS pada tahun 2022.  Serta bantuan berupa rumah lebah/stup madu Trigona yang diberikan kepada KTH. Jambul Kuning pada tahun 2023. Tim juga melaksanakan pendampingan dan penguatan kelembagaan KTH. Jambul Kuning. Sedangkan Dinas Pariwisata Kabupaten Sumenep melakukan monev home stay, inventarisir home stay dan peningkatan kelembagaan Pokdarwis di Desa Masakambing. 

Sumber : Agus Irwanto - Balai Besar KSDA Jawa Timur


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini