Hari Kedua di Sulsel, Wamen LHK Sambangi LK Gowa Discovery Park

Kamis, 15 Oktober 2020

Makassar, 14 Oktober 2020 – Kunjungan kerja hari kedua Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Alue Dohong, SE., M.Sc., Ph.D  dan rombongan diawali dengan diskusi bersama Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah di Kantor Gubernur Sulawesi Selatan pukul 07.00 Wita untuk membicarakan agenda-agenda penting strategis dalam pengelolaan sumber daya alam dan keanekaragaman hayati, lingkungan, dan pengembangan wisata bertaraf internasional di Sulawesi Selatan.

Selanjutnya Wakil Menteri bersama rombongan melakukan kunjungan ke salah satu Lembaga Konservasi (LK) Gowa Discovery Park (GDP) di kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Di dampingi Kepala Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan dan Sekda Kabupaten Gowa serta Manajer LK Gowa Discovery Park Wakil Menteri meninjau langsung kondisi satwa, fasilitas kandang, pakan, obat-obatan kesehatan satwa, serta fasilitas protokol pencegahan covid-19 di Gowa Discovery Park.

Ditengah-tengah kunjungannya Wakil Mentri KLHK Dr. Alue Dohong juga memberikan nama kepada bayi Macaca Maura atau monyet hitam Sulawesi yang baru-baru ini lahir di Gowa Discovery Park. Bayi Macaca Maura ini diberi nama Croni Damara.

Dalam diskusi bersama sekda Kabupaten Gowa dan Manager Gowa Discovery Park Wakil Menteri LHK Dr. Alue Dohong mengatakan “terimakasih kepada Pemda Kabupaten Gowa dan teman-teman UPT KLHK dalam bantuannya kepada LK yang tidak beroperasi selama pandemic Covid-19 baik berupa Pakan Satwa dan berbagai jenis bantuan lainnya. Kami dari kementerian akan memberikan bantuan melalui program Penguatan Ekonomi Nasional (PEN) yang didalamnya ada bantuan subsidi subsidi termasuk pakan satwa, ”Ujarnya.

“Harapan kita semua LK, TN dan TWA bisa beraktivitas kembali jadi masyarakat kita bisa kembali lagi mendapatkan pekerjaan dan tentunya berpengaruh pada pendapatan daerahnya dan tolong penerapan protocol covid-19 diterapkan salah satunya dengan 3 M, memakai masker dengan benar, menjaga jarak minimal 1,5 meter, mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin”. Jelas dia.

Bertolak dari Gowa Discovery Park di Kabupaten Gowa, Wakil Menteri KLHK beserta rombongan melakukan diskusi kerja di Kantor Balai Diklat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BDK) di Makassar. Dalam diskusi kerja yang diikuti semua UPT KLHK se-Sulawesi Selatan Wakil Menteri Dr. Alue Dohong memberikan arahan “Bapa Ibu Kepala UPT KLHK Se-Sulawesi Selatan adalah wajah-wajah KLHK kita karena itu apapun yang kita lakukan di daerahnya mempretasikan wajah kami di pusat. Jadi kalua ada yang tidak baik maka KLHK juga tidak baik Bu Menteri, Wamen dan jajarannya juga tidak baik tapi kalua ada yang bagus berprestasinya maka kami juga ikut bagus. Chalenge kita, tantangan kita saat ini semakin besar apa lagi kita sedang mensosialisasikan undang-undang Cipta Kerja yang baru” Terang beliau.

“Dalam isu-isu terbaru sekarang ini yang terkait dengan undang-undang no.32 lingkungan hidup dan no 41 Kehutanan yang seolah-olah semuanya dihilangkan. Jadi kita akan buatkan satu narasi tunggal yang nanti para kepala balai dan UPT menjadi corong informasi KLHK mensosialiasikan Undang-undang Cipta Kerja yang baru dengan cara yang benar supaya orang paham, paham secara subtansif, legal dan regulasi khususnya terkait undang undang, 32, 41 dan 19. Terakhir saya ucapkan tetap semangat, tidak boleh putus asa, menerapkan 3 M ” Tutup beliau.

Sumber : Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan

Penanggung jawab Berita : Kepala Sub Bagian Data, Evlap dan Humas BBKSDA Sulsel - Murniaty. S.Hut (0888-0412-9757)

Informasi Lebih Lanjut : Call-Center BBKSDA Sulsel - Rudy Ashadi, S.Hut (0811-4600-883)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini