Langsung Gas, SPTN I Weda Lakukan ini Untuk Siswa Sekolah

Kamis, 16 Januari 2020

Weda, 16 Januari 2020. Pengetahuan tentang lingkungan di usia dini memang sangat penting agar terbiasa melakukan hal-hal yang baik terhadap lingkungan sekitar sampai dewasa nanti. Oleh karenanya, SPTN Wilayah I Weda Taman Nasional Aketajawe Lolobata melaksanakan sosialisasi kebakaran hutan kepada siswa sekolah. Kegiatan ini dilakukan setelah pembagian Surat Keputusan (SK) Kepala Balai tentang Penempatan Petugas Resort dan SK Kepala Resort.

Sasaran pertama kegiatan penyadartahuan lingkungan adalah SMP Negeri 25 Halmahera Tengah. Maksud dari kegiatan ini adalah untuk memberikan edukasi kepada siswa-siswi betapa pentingnya menjaga pelestarian hutan serta memberikan informasi tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan serta kerugian yang diakibatkannya.

Kegiatan ini diikuti oleh 50 siswa-siswi kelas VII, VIII dan IX dengan jumlah peserta sebanyak 50 orang. Pemaparan materi disampaikan oleh Nadiya Fasha Fawzi, S.Hut. (Calon PEH Pertama) dan Florensya Lokollo (Calon Polisi Kehutanan) dan didampingi oleh Kepala Resort Ake Jira, Stevenson.

Sosialisasi ini diawali dengan pengenalan tentang TN Aketajawe Lolobata kemudian dilanjutkan dengan materi kebakaran hutan dan lahan. Disela penyampaian materi dilakukan pemutaran film dokumenter untuk memberikan gambaran serta pemahaman yang lebih kepada siswa-siswi.

Agar acara semakin menarik, para siswa diberikan kuis dengan hadiah leaflet dan buklet tentang kebakaran hutan dan lahan jika dapat menjawab pertanyaan yang diajukan. Hal ini untuk memberikan apresiasi dan melatih keberanian dan pengetahuan tentang materi yang diberikan.

Diharapkan dengan diadakannya sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan dapat menambah pengetahuan tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan dan mampu merubah pola pikir masyarakat tentang membakar hutan dan lahan.

“Adek-adek semua, kita harus selalu menjaga lingkungan di sekitar kita dengan membuang sampah pada tempatnya, tidak berburu hewan liar dan kegiatan merusak lainnya”, kata Nadiya.

Sumber: Nadiya Fasha Fawzi, S.Hut. – Calon PEH Pertama TN. Aketajawe Lolobata

 

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini