Tiga Ratus Batang Pohon Ditanam PT Pegadaian di Kalikuning, Taman Nasional Gunung Merapi

Kamis, 28 November 2019

Hari ini, 28 November 2019 merupakan hari istimewa, karena hari ini dicanangkan sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI).  Sebuah monumen peringatan yang ditetapkan oleh Presiden RI Soesilo Bambang Yudhoyono, sepuluh tahun silam.  Hal ini dimaksudkan sebagai momentum dijadikannya kegiatan menanam pohon sebagai sebuah visi kehidupan, yang terinternalisasi dalam setiap elemen kehidupan. 

Tepatlah kiranya jika kemudian sekitar 250 orang karyawan karyawati PT Pegadaian yang mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Satuan Pengawas Internal (SPI) melakukan penanaman bersama, di kawasan Kalikuning, Resort Cangkringan, Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM).

Pada kesempatan ini, ditanam 300 batang bibit, masing-masing Berasan (Tarenna incerta) 30 batang, Kayu Manis (Cinnamomum burmannii) 20 batang, Tesek (Dodonaea viscose) 245 batang, Puspa (Schima wallichii) 5 batang.  Jenis-jenis ini merupakan jenis lokal asli Merapi. 

Penanaman ini juga bekerjasama dengan Forum Peduli Lingkungan Pecinta Alam Lereng Merapi (FPL PALEM), antara lain penyediaan bibitnya dilakukan oleh kelompok tersebut, persiapan penanaman hingga pemeliharaannya ke depan.  Kelompok FPL PALEM ini memang telah bekerjasama dengan pihak BTNGM juga Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BBPBPTH) Yogyakarta. 

Disampaikan oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Akhmadi, S,Hut, M.Si., bahwa pada dasarnya BTNGM sangat terbuka dengan semua pihak yang melakukan penanaman di kawasan TNGM.  Sebagai informasi, bibit-bibit ini berasal asli dari kawasan TNGM yang kemudian dikembangkan untuk dikembalikan ke kawasan TNGM.   Bibit ini telah diteliti kesesuaian DNA maupun genetiknya, pungkasnya.

Dalam kesempatan terpisah, R. Swasono Amoeng, Sekretaris Perusahaan PT Pegadaian, menyampaikan bahwa inilah salah satu cara Pegadaian berbakti pada negeri di bidang lingkungan, selain dengan pembersihan sampah di pantai, dan sebagainya.   Kami berharap, 300 batang pohon yang kami tanam ini dapat membantu melestarikan lingkungan di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi pada khususnya, pungkasnya.

***

Sumber : BTN Gunung Merapi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini