Hari Air Sedunia, Mahasiswa Trisakti Peduli Pelestarian Ekosistem Air di TN Kepulauan Seribu

Minggu, 07 Mei 2017

Pulau Harapan, 7 Mei 2017. “Ekosistem yang baik berasal dari Air” merupakan tema kegiatan yang diusung oleh Kelompok Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Trisakti “Aranyacala Trisakti” dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia tahun 2017.  Taman Nasional Kepulauan Seribu SPTN Wilayah II Pulau Harapan menjadi lokasi kegiatan yang dilakukan oleh 132 mahasiswa Universitas Trisakti sejak tanggal 5 sampai dengan 7 Mei 2017.

Berlandas pada pemikiran peran vital air bagi kehidupan di bumi bagi keberlangsungan sistem kehidupan yang ada dalam ekosistem dan interaksi antar ekosistem darat dan perairan laut, kegiatan peringatan Hari Air Sedunia oleh mahasiswa Trisakti ini berfokus pada upaya pelestarian ekosistem yang ada di perairan laut, yaitu mangrove dan terumbu karang. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai aksi nyata peran mahasiswa Universitas Trisakti dalam melestarikan alam khususnya di Kepulauan Seribu. Kegiatan utama yang mereka lakukan terdiri dari penanaman mangrove, penanaman karang, pelepasan tukik, dan bersih lingkungan.

Sebanyak 149 ekor tukik penyu sisik dilepasliarkan di Pulau Bulat. Melalui pelepasliaran tukik penyu sisik yang didampingi oleh petugas SPTN Wilayah II Pulau Harapan ini, para peserta kegiatan mendapat pemahaman mengenai peran penyu sisik dalam ekosistem di laut.

Aksi mereka berlanjut dengan menanam 300 batang bakau (Rhizopora stylosa) di sebelah timur Pulau Harapan dan 105 pcs karang jenis Acropora sp di perairan sebelah utara Pulau Harapan. Penanaman mangrove yang dilakukan adalah dengan metode rumpun berjarak dan penanaman karang dengan metode rak behel besi.

Taman Nasional Kepulauan Seribu mengapresiasi upaya mahasiswa Universitas Trisakti ini dalam berkontribusi untuk pelestarian jenis dan ekosistem di Taman Nasional Kepulauan Seribu. Generasi muda seperti merekalah yang akan meneruskan perjuangan menjaga negeri, melestarikan alam, dan merawat bumi.

Bagi mereka, kegiatan ini menjadi satu langkah untuk menapakkan jejak dasar pengabdian mereka, generasi muda, bagi negeri dan alam.

Sumber Info : Yuniar Ardianti – Balai TN Kepulauan Seribu

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini