Pelatihan Pemanfaatan Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) khususnya Bambu desa Lumban Dolok , SPTN Wilayah 1 Siabu

Rabu, 18 September 2019

Mandailing Natal, 18 September 2019. Pelatihan Pemanfaatan Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) merupakan tindak lanjut dari kegiatan inventarisasi HHBK di Desa Lumban Dolok , desa penyangga TNBG yang berada di SPTN Wilayah I Siabu. Hasil kegiatan tersebut didapatkan bahwa potensi HHBK jenis bambu yang cukup melimpah. Kegiatan pelatihan yang dilakukan berupa penyampaian materi oleh direktur SRIMPI, Ibu Etti Nurwanti, M.Si dilanjutkan praktek langsung dari pengrajin bambu, Bapak Misran.

Output dari kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi dan meningkatkan kapasitas masyarakat agar mampu dan terampil dalam pemanfaatan HHBK khususnya bambu. Kepala Balai TNBG bapak Ir. Sahdin Siregar, M.Si menyampaikan para peserta harus aktif dalam kegiatan pelatihan ini, sehingga bisa di implementasikan dan memberikan dampak nilai ekonomis bagi masyarakat . Kepala Desa Lumban Dolok mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Balai Taman Nasional Batang Gadis ini.

Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat mendapatkan wawasan baru yang dapat membuka peluang usaha sehingga masyarakat lebih mandiri dan sejahtera serta tidak ketergantungan terhadap hutan. Sehingga terwujudnya Hutan Lestari Masyarakat Sejahtera.

Sumber: Balai Taman Nasional Batag Gadis

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini