BKSDA Aceh Kenalkan Orangutan Sumatera Melalui Lomba Gambar & Mewarnai

Jumat, 25 Januari 2019

Jantho, 22 Januari 2019. Resor Konservasi Jantho Aceh Besar bersama Yayasan Ekosistem Lestari-Sumatera Orangutan Conservation Program (YEL-SOCP) yang merupakan Pengelola Stasiun Reintroduksi Orangutan Sumatera (Pongo pigmeus abelii) di Jantho menyelenggarakan perlombaan menggambar dan mewarnai Orangutan Sumatera bagi pelajar tingkat Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar yang berasal dari Gampongdisekitar Taman Wisata Alam Jantho/Cagar Alam Hutan Pinus Jhantoi Kabupaten Aceh Besar. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangkaian kampanye perlindungan dan pelestarian orangutan sumatera bagi masyarakat jantho khususnya dan masyarakat aceh pada umumnya.

Orangutan Sumatera (Pongo pigmeus abelii) merupakan salah satu jenis satwa liar yang dilindungi dari Kelompok Mamalia  Famili Hominidae berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor : P.92/Menlhk/Setjen/Kum.1/6/2018 Tentang Perubahan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor : P.20/Menlhk/Setjen/Kum.1/6/2018 Tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa Liar Yang Dilindungi. Dalam katergori IUCN Orangutan Sumatera (Pongo pigmeus abelii) berstatus kritis/critically endangered dengan penyebaran/distribusi meliputi Pulau Sumatera dengan Distribusi populasi terbesar mulai dari Provinsi Aceh meliputi Kabupaten Aceh Timur, Aceh Tengah, Aceh Tamiang, Gayo Lues, Aceh Tenggara, Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Aceh Singkil dan Kota Subuluusalam. Jumlah OrangutanSumatera sendiri di alam untuk saat ini diperkirakan berjumlah ± 13.846 individu dengan luasan habitat ± 16.775 km2.

Dengan diadakan kegiatan seperti ini kami berharap kedepannya tidak ada lagi Orangutan Sumatera (Pongopigmeus abelii) di Aceh yang menjadi korban dari Konflik Satwa Liar dengan Masyarakat dengan kondisi yang tidak kita harapkan seperti yang kerap terjadi dibeberapa wilayah di Provinsi Aceh.

Sumber : Balai Konservasi Sumber Daya Alam Aceh

 

 

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini