Munculnya Sang Buaya, BKSDA Jambi Siaga

Kamis, 24 Januari 2019

Jambi, 18 Januari 2019. Tim penanganan konflik satwa seksi konservasi  wilayah 3 BKSDA Jambi bekerjasama dengan Balai Taman Nasional Berbak Sembilang dan Zoological Society of London telah melakukan pelepasliaran 2 (dua) ekor buaya muara (Crocodilus porosus) yang berjenis kelamin betina denggan ukuran berat badan 1 ekor ± 100 kg dan memiliki panjang 2 meter yang usianya diperkirakan beranjak  remaja dan satunya lagi memiliki berat badan ± 5kg dan memiliki panjang 2 meter yang berusia masih kecil.

Buaya- buaya tersebut merupakan satwa yang dilindungi dan termasuk ke dalam kategori Appendiks II di dalam CITES. Buaya muara hidup di sungai-sungai dan di dekat laut. Jenis buaya ini tersebar di seluruh perairan dataran rendah dan perairan pantai di daerah tropis Asia Selatan, Asia Tenggara, dan Australia. Makanan buaya muara merupakan hewan-hewan bertulang belakang sepert bangsa ikan, reptile, dan mamalia.

Informasi kemunculan buaya yang beranjak remaja berasal dari Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang merupakan wilayah kerja Seksi III Balai KSDA Jambi, diperoleh dari Kepala Ds. Tanjung Senjulang Kec. Bram Itam. Beliau mengatakan, ada beberapa warga yang sedang melintas di jalan pedesaan dekat dengan dengan parit melihat ada buaya dan buaya tersebut mencoba mengejar warga tersebut. Sedangkan buaya yang masih kecil diperoleh dari pengiriman kargo di Bandara Jambi yang akan dikirim dari jambi ke Sulawesi.

Saat ini buaya-buaya tersebut telah dilepasliarkan di daerah Kawasan Taman Nasional Berbak Sembilang. Kepala Balai KSDA Jambi tetap menghimbau “agar masyarakat selalu waspada dan tidak mendekati lokasi-lokasi perairan yang dekat dengan habitat buaya”.

Sumber : Balai KSDA Jambi

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini