Peringati Hari Peduli Sampah Nasional TN Ujung Kulon Gelar Aksi Bersih Sampah Di Pantai Panaitan

Rabu, 28 Februari 2018

Labuhan (28/2/18). Balai TN Ujung Kulon bersama Forum Komunikasi Penjaga Pesisir Laut Ujung Kulon (FKPPL ) merupakan kelompok masyarakat desa penyangga TN. Ujung Kulon, tanggal 10-20 Februari 2018 melakukan aksi bersih sampah di pantai Legon Kadam dan Legon Sabuk SPTN I P. Panaitan untuk membersihkan pantai Panaitan dari sampah-sampah plastik dan sekaligus untuk menambah pendapatan anggota kelompok dari penjualan sampah plastik tersebut.

Sampah-sampah yang berhasil dikumpulkan ditumpuk lalu dikemas/dipres dan dimasukkan ke dalam karung, kemudian disimpan ditempat penyimpanan sementara. Pada aksi bersih sampah kali ini, kelompok berhasil mengumpulkan sampah plastik campur sebanyak 50 karung atau sekitar 859 kg yang kemudian dijual ke pengepul sampah plastik di Labuan.

Kegiatan pembersihan sampah yang dilakukan beberapa waktu yang lalu, dirasa belum optimal karena masih banyak sampah plastik yang belum terangkut. Untuk menyelesaikan aksi bersih sampah tersebut, dalam waktu dekat kelompok kembali akan melaksanakan aksi bersih sampah, masih di lokasi yang sama sekaligus untuk memperingati Hari Bakti Rimbawan pada tanggal 15 Maret mendatang.

Sampah-sampah plastik di pantai Pulau Panaitan sebenarnya merupakan sampah yang terbawa ombak angin selatan, dan bukan merupakan sampah bekas aktivitas di kawasan TN. Ujung Kulon. Dengan adanya kegiatan aksih bersih sampah di Panatai Panaiatan  tentu saja akan membantu pengelola dalam menjaga keindahan pantai Panaitan, sekaligus memberikan tambahan pendapatan bagi anggota kelompok.  Selain itu, sampah plastik yang tersapu ombak dan terapung di lautan, dapat membahayakan kehidupan hewan laut , menghalangi penetrasi cahaya matahari dan pertukaran udara dari atmosfir dimana hal ini akan berpengaruh buruk terhadap kehidupan organisme di laut.

Sumber: Monica TN Ujung Kulon

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini