Brigdalkarhut TaNa Bentarum Kembali Padamkan Api di Laut Tawang

Sabtu, 24 Februari 2018

Putussibau, 24 Februari 2018. Tim Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Brigdalkarhut) Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TaNa Bentarum) bersama Masyarakat Peduli Api (MPA) kembali berhasil memadamkan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Lubuk Dalam, Dusun Kenelang, Desa Laut Tawang Wilayah Kerja Resort Tengkidap SPTN Wilayah VI Semitau kawasan TN Danau Sentarum. Berdasarkan laporan yang masuk ke tim humas, kronologis kejadian bermula dari adanya laporan kebakaran dari petugas Resort Tengkidap, Yusniardi melalui telepon seluler yang mengabarkan munculnya titik api di lokasi Lubuk Dalam, Dusun Kenelang pada tanggal 23 Februari 2018 pukul 19.05 WIB. Namun demikian cuaca pada saat penerimaan laporan di Resort Tekenang pada jam tersebut turun hujan deras menyebabkan tim tidak dapat langsung melakukan survei lapangan (groundcheck). "Pada tanggal 24 Februari 2018 pukul 07.05 wib tim baru bisa berangkat dari Resort Tekenang menuju lokasi Karhutla tersebut" terang Ade Arif Kepala Daops Brigdalkarhut TaNa Bentarum saat dihubungi tim humas.

Lebih lanjut, Ade menuturkan setibanya dilokasi titik api dengan koordinat N:0,76524 E:111.97197 tim segera melakukan pengukuran luas dan kondisi kebakaran (size up) dan dilanjutkan dengan pemadaman. Kali ini total personil yang diterjunkan untuk memadamkan api berjumlah 5 orang. Tim terdiri dari 1 orang MPA Desa Laut Tawang dan 4 orang anggota patroli rutin brigdalkalkarhut TaNa Bentarum. "Kebakaran berhasil dipadamkan dengan luasan 0.7 ha" jelas Ade. Selesai pemadaman, Tim bersepakat kembali ke Resort Tekenang tepat pukul 15.30 WIB dan akan melanjutkan proses pemadaman keesokan harinya dengan kegiatan mop up di lokasi kebakaran. Kejadian kebakaran ini menjadi yang ke-4 kalinya terjadi di Kawasan TN Danau Sentarum. Kesiapsiagaan Tim Brigdalkarhut dan MPA TaNa Bentarum menjadi kunci tidak meluasnya kebakaran hutan yang terjadi.

Menutup wawancara dengan tim humas. Ade menghimbau masyarakat untuk tidak segan menghubungi Call Centre: 082158794140 ataupun Kantor Daops Brigdalkarhut TaNa Bentarum di Semitau.

Sumber : Balai Besar TN Betung Kerihun dan Danau Sentarum

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini