Pendataan Lokasi Tumpukan Sampah di Pulau Menjangan TN Bali Barat

Jumat, 16 Februari 2018

Pulau Menjangan, 15 Februari 2018. Petugas Resort Pulau Menjangan yang dipimpin Kepala Resort (Gusti Komang Suardika) dan tiga orang anggota, pada hari kamis tanggal 15 februari 2018 melaksanakan patroli rutin dengan berjalan kaki dari Pos I menuju Pos II Pulau Menjangan. Patroli rutin kali ini lebih difokuskan pada pendataan lokasi tumpukan sampah yang tersebar di beberapa area Pulau Menjangan. Hasil pendataan tersebut akan digunakan sebagai bahan penyusunan rencana aksi dalam penanganan sampah di Taman Nasional Bali Barat.

Pendataan diawali dari pantai di area Pos I menuju hutan mangrove sekitar Pura Gili Kencana, kemudian dilanjutkan ke area Pura Klintingsari dan Gili Menjangan di area Pos II serta menyusuri hutan musim sampai dengan menara pantau di puncak bukit Pulau Menjangan. Hasil pendataan teridentifikasi delapan lokasi yang selama ini menjadi tempat menumpuknya sampah. Pada setiap lokasi, dilakukan pengambilan titik koordinat dan foto serta mencatat jenis sampah.

Berdasarkan pengamatan, sampah plastik merupakan jenis yang paling dominan ditemukan, selain itu terdapat juga karet sandal, ban, styrofoam, kayu, dan botol kaca. Menurut laporan Pak Gusmang, begitu Kepala Resort Pulau Menjangan disapa, dari seluruh lokasi tumpukan, diperkirakan terdapat sebanyak 100-150 ton sampah yang didominasi sampah jenis plastik. Pak Gusmang juga menyampaikan bahwa selama bulan januari 2018, petugas resort bersama mitra telah melakukan pengambilan sampah di Pulau Menjangan sebanyak enam kali dengan hasil sebanyak 1.541 Kg. (rpm)

Sumber : TN BB

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini