Lomba Lintas Alam Sukses Dilaksanakan, Inilah Para Juaranya

Rabu, 06 Desember 2017

Sofifi, 2 Desember 2017. Rangkaian kegiatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL) setelah Kemah Konservasi adalah Lomba Lintas Alam. Lomba ini dimaksudkan untuk menguji pengetahuan peserta tentang kawasan TNAL dan adu ketangkasan. Peserta yang mendaftar sebanyak 10 tim yang terdiri dari 4 (empat) orang dalam setiap tim. Lomba ini dilaksanakan di Resort Tayawi, Desa Koli, Kota Tidore Kepulauan.
Lomba lintas alam memiliki pos-pos dengan tantangan dan rintangan yang berbeda-beda. Tantangan pada Pos I adalah menguji pengetahuan tim tentang kawasan TNAL. Beberapa pertanyaan berhasil dijawab dengan baik oleh para peserta. Tantangan yang terdapat pada Pos II adalah identifikasi burung di kawasan TNAL. Kedua pos ini menguji pengetahuan yang sebelumnya telah diberikan oleh pemateri dari TNAL.
Pos III merupakan pos untuk ketangkasan dan kekompakan tim. Didalamnya terdapat beberapa permainan, salah satunya adalah jarring laba-laba. Permainan ini mengharuskan para peserta melewati rintangan berupa jarring laba-laba tanpa menyentuh jaringnya. Sedangkan di pos terakhir, yaitu Pos IV peserta diwajibkan melakukan swafoto dan di kirim ke akun media sosial pribadi masing-masing. Hal ini dilakukan karena Pos IV merupakan salah satu tempat wisata yang memiliki atraksi berupa air terjun bertingkat, yaitu air terjun Havo.
Setelah panitia menghitung nilai dari seluruh peserta maka peserta yang berhak membawa pulang piala adalah tim RELASI (Relawan Konservasi) dari Universitas Khairun (juara I), tim DIMPA (Divisi Mahasiswa Pecinta Alam) dari Universitas Muhammadiyah Maluku Utara dan tim CIPAL (Cekel Indonesia Pecinta Alam) dari Halmahera Tengah.
“Terima kasih buat TNAL karena telah mempertemukan kami (kelompok pecinta alam) di acara ini, semoga tahun depan bisa diadakan kembali dengan acara yang lebih besar”, ungkap salah satu tim dari peserta lomba.

Oleh : Akhmad David Kurnia Putra
Polisi Kehutanan Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 1.5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini