Pelatihan Kelompok Pecinta Alam (KPA) TN Bukit Duabelas

Senin, 20 November 2017

Sarolangun (20/11/2017). Balai TN Bukit Duabelas  menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Kelompok Pecinta Alam (KPA) di Resort Air Hitam I pada tanggal 9 s.d 11 November 2017 lalu. Peserta sejumlah 35 orang yang mengikuti kegiatan ini berasal dari wilayah kerja resort Air Hitam I dan Resort Air Hitam II yang merupakan anggota aktif dari Kelompok Pecinta Alam (KPA) Peta Alam (dibentuk pada tahun 2011) dan Sispala Sultan Thaha  (dibentuk pada tahun 2015). Kedua organisasi pemuda tersebut telah dibina oleh Balai Taman Nasional Bukit Duabelas khususnya oleh Seksi Pengelolaan Wilayah  II Tebo. Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas kelompok pecinta alam di Taman Nasional Bukit Duabelas, 

Pelatihan melibatkan mitra TNI sebagai instruktur yaitu Bapak Serda Zulkifli dari Koramil Pauh dan Pelda Husni Thamrin yang juga Babinsa di wilayah Kecamatan Air Hitam Kabupaten Sarolangun. Pada kegiatan ini peserta dibekali materi-materi seperti teknik survival, navigasi darat, organisasi dan kepemimpinan. Selain itu,  peserta juga dibekali praktek pembuatan bivak dan cara-cara pemberian pertolongan pertama pada kecelakaan (patah tulang, luka sobek, dan keracunan).

Kegiatan Pelatihan KPA ini diharapkan semakin menumbuhkan kecintaan terhadap alam khususnya  kawasan TNBD pada peserta dan menjadi momentum bahwa kedua organisasi pecinta alam tersebut resmi menjadi binaan Balai Taman Nasional Bukit Duabelas yang selanjutnya akan dikukuhkan melalui surat keputusan Kepala Balai Taman Nasional Bukit Duabelas.

Sumber: BTN Bukit 12

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini