TN Kutai Fasilitasi Pelatihan Pemandu Wisata di Desa Swarga Bara

Minggu, 01 Oktober 2017

Sangatta, 1 Oktober 2017. 29 September s/d 1 Oktober 2017 Balai Taman Nasional Kutai menyelenggarakan kegiatan peningkatan kapasitas kelompok masyarakat desa binaan di Desa Swarga Bara. Desa Swarga Bara, Kabupaten Kutai Timur merupakan salah satu desa penyangga sekaligus desa binaan Taman Nasional Kutai yang selama ini mengembangkan kegiatan ekowisata dengan nama Ekokabojaya. Sebagai desa yang menjadi pintu gerbang wisatawan yang akan masuk ke objek wisata alam Prevab Taman Nasional Kutai (satu-satunya tempat pengamatan kehidupan liar Orangutan morio di dunia), masyarakat desa Swarga Bara selain mengembangkan kegiatan ekowisata di desanya juga memiliki peluang untuk ikut serta terlibat dalam pengelolaan wisata di Taman Nasional Kutai. Salah satu peluang tersebut adalah keterlibatan masyarakat sebagai pemandu wisata.

Berdasarkan kebutuhan dan peluang tersebut, maka Balai Taman Nasional Kutai menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pemandu Wisata yang diikuti oleh 30 orang anggota kelompok sadar wisata Ekokabojaya. Kegiatan yang dilaksanakan di Peternakan Sapi Terpadu (PESAT) PT Kaltim Prima Coal tersebut dibuka oleh Kepala SPTN Wilayah I Sangatta, Boedi Isnaini, S.Hut. Selama 3 (tiga) hari pelaksanaan, peserta mendapatkan berbagai materi terkait kepariwisataan alam. Adapun Narasumber pelatihan berasal dari Balai Taman Nasional Kutai, Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Timur, dan Himpunan Pramuwisata Indonesia.                                         

Kegiatan pelatihan ini merupakan upaya konkrit Balai Taman Nasional Kutai untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan kelompok masyarakat desa binaan dalam rangka pemberdayaan masyarakat termasuk di Desa Swarga Bara.

Semoga dengan adanya kegiatan pelatihan pemandu wisata ini, masyarakat bisa lebih mengembangkan diri untuk dapat menjadi pemandu wisata yang siap memberikan pelayanan prima dan menjadi “tuan rumah” yang baik bagi para wisatawan dan akhirnya dapat meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat.#

Sumber : Balai TN Kutai

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini