Rescue Orangutan di Kebun Sawit Batu Rongring

Selasa, 16 Mei 2023 Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Batu Rongring, 9 Mei 2023 - 1 (satu) individu Orangutan Sumatera (Pongo abelii) yang terisolir di kebun sawit Batu Rongring, Desa Sei Musam, Kecamatan Batang Serangan, Kabupaten Langkat, berhasil direscue petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wlayah II Stabat bersama dengan lembaga mitra kerjasama SOCP, pada Minggu, 30 April 2023. Orangutan yang direscue ini, berkelamin betina, umur diperkirakan sekitar 30 tahun, terlihat  dalam kondisi dehidrasi. Lokasi dikelilingi kebun sawit, sehingga  ketersediaan pakan sangat kurang. Jarak kebun sawit Batu Rongring ke kawasan hutan konservasi Taman Nasional Gunung Leuser diperkirakan sekitar 3 Km.   

Berdasarkan pertimbangan Tim medis (dokter hewan), orangutan memerlukan penanganan medis lanjutan untuk mendapatkan perawatan, sehingga diputuskan dievakuasi ke Pusat Rehabilitasi dan Karantina Orangutan Sumatera di Batu Mbelin Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang. Orangutan yang dievakuasi dari Dusun Penampean, Desa Sei Musam, Kecamatan Batang Serangan, tiba di pusat rehabilitasi dan karantina pada Senin, 1 Mei 2023 dinihari, pukul 00.30 Wib.

Saat masuk di kandang karantina, satwa liar ini terlihat dalam kondisi lemas dan selera makan kurang. Tim medis SOCP segera melakukan tindakan medis. Semoga orangutan ini dapat pulih dan segera dilepasliarkan kembali ke lokasi awal di Batu Rongring, Desa Sei Musam, Kecamatan Batang Serangan, sebagaimana permintaan masyarakat setempat saat akan dievakuasi.

Sumber : Sontana Sembiring (Kepala Resort Aras Napal) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini