Balai TN Tesso Nilo Cabut Sawit di Area RHL

Senin, 27 Februari 2023

Pelalawan, 24 Februari 2023. Petugas Balai Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) sebanyak 10 (Sepuluh) orang giat melakukan penjagaan dan patroli hutan alam di kawasan Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Lubuk Kembang Bunga (LKB) dan SPTN Wilayah II Baserah pada tanggal 20-21 Februari 2023. Petugas menyisir kembali area yang diduga menjadi lokasi jual beli lahan di areal rehabiltasi hutan dan lahan (RHL) 2019 dan RHL 2021. Di area dekat bekas pondok perambah yang berada di areal RHL 2021, ditemukan tanaman sawit berumur sekitar 2 bulan dan langsung dicabut oleh petugas serta memusnahkan beberapa tanaman sawit yang dijumpai.

Resort Lancang Kuning menjadi lokasi utama patroli karena terindikasi adanya jual beli lahan di areal RHL 2019 dan RHL 2021 serta petugas pernah merobohkan pondok pada areal RHL 2021. Di sekitar areal tersebut, petugas melakukan penaburan biji pada lahan terbuka bekas pondok yang dirobohkan. Pada beberapa titik di areal RHL 2019 dan 2021 ditemukan cat-cat merah masih baru yang ditengarai merupakan tanda atau batas kavling lahan oleh masyarakat dan beberapa lokasi telah di imas/tebas.

Patroli menuju daerah kenayang, petugas menjumpai pekerja RHL yang sedang melakukan penyulaman dan diberikan himbauan kepada para pekerja agar berhati-hati dalam bekerja dan waspada kebakaran hutan, serta segera melaporkan kepada petugas Balai TN Tesso Nilo apabila menemukan aktivitas penanaman sawit di areal RHL.

Sumber: Balai Taman Nasional Tesso Nilo

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini