Buaya Muara Kembali Muncul di Desa Pulau Banyak

Jumat, 17 Februari 2023

Petugas sedang berkoordinasi dengan Camat Tanjung Pura

Desa Pulau Banyak, 17 Februari 2023. Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah II Stabat menerima surat Permohonan Penanganan Konflik Satwa jenis Buaya Muara (Crocodylus porosus) di Dusun VI, Desa Pulau Banyak dari Kepala Desa Pulau Banyak, Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Senin (13/2).

Laporan tersebut ditindaklanjuti petugas Seksi Konservasi Wilayah II Stabat dengan upaya penanganan di lokasi kejadian, Rabu (15/2). Lokasi yang dilaporkan sebagai tempat penampakan buaya merupakan pertemuan antara Sungai Gebang dan sungai Pulau Banyak. Dari hasil koordinasi dengan Camat Tanjung Pura, Kepala Desa Pulau Banyak, Sekretaris Desa Pulau Banyak dan Kepala Dusun VI, juga diketahui bahwa lokasi merupakan jalur akses yang digunakan oleh masyarakat nelayan menuju ke laut.

Sebelumnya pada tahun 2021 yang lalu, masyarakat setempat pernah menangkap satu ekor buaya di sekitar lokasi yang sama dan menyerahkannya kepada Balai Besar KSDA Sumatera Utara. Pada saat itu buaya ditangkap dengan menggunakan mata kail baja dengan umpan unggas hidup.

Usai mengumpulkan bahan dan keterangan, kemudian disepakati dengan Camat Tanjung Pura serta Pemerintahan Desa Pulau Banyak, akan melakukan peninjauan ke lapangan, pada Senin tanggal 20 Februari 2023. Petugas tidak lupa menghimbau kepada warga untuk tetap waspada dan berhati-hati. Apabila nantinya sudah membahayakan masyarakat, akan segera dilakukan upaya penangkapan dengan menggunakan kandang jebak.

Sumber : Fudumana Lombu, Staf SKW II Stabat – Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini