Patroli dan Temuan Jejak Tapir

Senin, 13 Februari 2023

Pelalawan, 13 Februari 2023. Balai Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) melalui petugas piket penjagaan hutan menggelar serangkaian kegiatan penjagaan dan perlindungan kawasan hutan di Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Lubuk Kembang Bunga (LKB) dan SPTN Wilayah II Baserah pada tanggal 5-6 Februari 2023.

Kegiatan diawali dengan patroli ke wilayah Resort Lancang Kuning tepatnya  di Pos Lancang Kuning, dengan berjalan kaki menyusuri kawasan. Pada areal tersebut ditemukan sebuah pondok yang diduga milik perambah, dan pondok langsung dirobohkan serta di sekeliling pondok ditaburi biji. Tabur biji juga dilakukan di areal bekas tumbangan dan areal-areal yang telah terbuka baik di areal SPTN I LKB maupun SPTN II Baserah.

Selama patroli, tidak ditemukan adanya aktivitas perambahan dan malah dijumpai jejak satwa yang diidentifikasi sebagai Tapir dewasa dengan jumlah 1 ekor. Jejak ini diprediksi masih baru dan areal sekitarnya dilintasi tapir beberapa saat sebelum tim datang.

Areal hutan alam Taman Nasional Tesso Nilo memanglah merupakan habitat dari satwa tapir dan satwa-satwa lainnya yang senantiasa harus dijaga kelestariannya. Menjaga hutan alam tetap utuh, sama halnya dengan menjaga satwa-satwa liar dari kepunahan.

Sumber: Balai Taman Nasional Tesso Nilo

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini