Jejak Harimau Ditemukan, Warga Dihimbau Waspada

Selasa, 29 November 2022

Salah satu jejak harimau yang ditemukan

Desa Tombangan Tonga, 29 November 2022. Warga Desa Tombangan Tonga, Kecamatan Tombangan, Kabupaten Mandailing Natal, menemukan jejak satwa liar yang diduga  Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) tidak jauh di sekitar desa mereka. Penemuan ini kemudian dilaporkan kepada Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara. Menindaklanjuti laporan tersebut, Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah V Sipirok telah turun ke lokasi pada Senin 28 November 2022, berkolaborasi dengan Balai Taman Nasional Batang Gadis, KPH VIII, Kepolisian Sektor (Polsek) Kotanopan, Kepala Desa Tombangan Tonga serta tokoh adat Desa Tombangan Tonga.

Upaya mitigasi yang dilakukan dengan mengecek langsung lokasi penemuan jejak dan benar jejak satwa liar Harimau Sumatera. Melihat dari jejak tersebut, diduga harimau tersebut mengejar mangsa buruannya sehingga hanya sebatas melintas saja. Menurut keterangan warga, sudah tiga wilayah yang menemukan jejak si raja hutan ini, yaitu : Desa Saba Dolok, pada tanggal  4 Oktober 2022 yang lalu, Desa Aek Silango, tanggal 21 November 2022, dan terakhir Desa Tombangan Tonga.

Pengecekan jejak harimau di lokasi

Kemudian petugas  melakukan sosialisasi kepada warga agar tetap waspada, hindari berkegiatan seorang diri dan usahakan dalam menjalani aktifitas apapun di luar rumah dilakukan secara berkelompok. Selanjutnya Tim dari Balai Taman Nasional Batang Gadis melakukan pemasangan kamera trap, di Desa Saba Dolok yang jaraknya ke Desa Tombangan Tonga ± 6 km dan hutannya pun masih satu hamparan.

Sosialisasi kepada warga

Sumber : Martono Gurusinga dan Mahdin Oloan Situmorang – Balai Besar KSDA Sumatera Utara

 

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini