Oknum Masyarakat Kabur, Barang Bukti Lainnya Ditemukan

Rabu, 02 November 2022

Pekanbaru, 31 Oktober 2022 - Resort Kerumutan Utara, Balai Besar KSDA Riau, melakukan patroli sapu jerat dan pengamanan kawasan Suaka Margasatwa (SM) Kerumutan di Kec.Teluk Meranti, Kab. Pelalawan pada Selasa s/d Sabtu, 18 s/d 22 Oktober 2022. Di jembatan Gloga, Kec.Teluk Meranti, petugas melihat langsung oknum masyarakat yang menarik kayu illegal logging (illog) melewati sungai Kerumutan, namun oknum  dapat melarikan diri dengan melepaskan rakitan kayu illog berjumlah ± 1 m³. Petugas juga menemukan 3 rakitan kayu ± 4 m³ dan 4 buah drum. Dua rakitan kayu kemudian dimusnahkan oleh petugas menggunakan chainsaw sedangkan lainnya diamankan ke Pos Resort Teluk Meranti sebagai barang bukti temuan.

Petugas kembali berpatroli ke dalam kawasan SM Kerumutan melewati jalur Sungai Kerumutan dan menemukan beberapa kayu olahan, sepeda angkut 2 unit, pondok illog 3 pondok, genset 1 unit, drum 4 buah, jirigen dan bahan makanan. Semua barang temuan tersebut dimusnahkan kecuali drum yang diamankan ke Pos Resort Teluk Meranti. Petugas juga menemukan 2 buah jerat satwa kancil yang dipasang di dalam kawasan tepatnya di sekitar pondok illog, dan langsung dimusnahkan.

Dari hasil patroli, petugas kemudian berkoordinasi dengan Kepala Desa Teluk Binjai tentang oknum masyarakat yang diduga masih melakukan kegiatan illog. Kades sangat mendukung Balai Besar KSDA Riau dan akan segera melakukan sosialisasi dan pelarangan kegiatan illog serta pemasangan jerat kepada warganya. Ini akan menjadi catatan untuk dilaporkan ke pimpinan agar dapat dipantau lebih lanjut. Petugas juga menyempatkan untuk  melakukan anjangsana dan monitoring bantuan program revitalisasi ekonomi kepada Kelompok Tani Hutan (KTH) Punak Lestari Baru, Desa Teluk Binjai, Kec Teluk Meranti tersebut. Upaya pemberian bantuan ekonomi ini salah satunya untuk mengurangi ketergantungan pada hasil hutan. Sosialiasasi juga diberikan terkait pelarangan illog dan pemasangan jerat kepada masyarakat yang ditemui sepanjang sungai Kerumutan.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini