Kabar Baik, Bibit Kentang Bantuan BBKSDA Sumatera Utara Tumbuh Subur

Jumat, 14 Oktober 2022

Petugas memonitor perkembangan tanaman kentang Kelompok Tani Fajar Pansur Nauli

Lae Hole II, 14 Oktober 2022. Berita menggembirakan datang dari Kelompok Tani Fajar Pansur Nauli di Dusun II Huta Dolok, Desa Lae Hole II, Kecamatan Parbuluan, Kabupaten Dairi. Kelompok tani ini merupakan penerima bantuan usaha ekonomi produktif dari Balai Besar KSDA Sumatera Utara, berupa bibit kentang, pupuk dan obat-obatan. Serah terima bantuan dilakukan pada bulan Agustus 2022 yang lalu, dan hasil monitoring yang dilakukan oleh Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui petugas Resort Taman Wisata Alam (TWA) Sicike-cike, pada Selasa 11 Oktober 2022, tanaman kentang tumbuh dengan baik dan subur.

Kesungguhan dan komitmen seluruh anggota kelompok tani dalam menanam dan merawat, serta pendampingan dari petugas Resort TWA Sicike-cike tentunya  menjadi kunci kesuksesan dalam pemanfaatan bantuan yang diberikan. Kelompok tani yang sudah terbentuk sejak tahun 2013 dan telah dilakukan pengukuhan sesuai Surat Keputusan (SK) Kepala Desa Lae Hole II Nomor: 12/KD/VII/2013 pada tanggal 14 Juli 2013, dengan jumlah anggota sebanyak 21 orang, serius dalam melakukan kegiatan penanaman bibit kentang sejak tanggal 13 September 2022 lalu, dan saat ini telah dilakukan pemupukan tahap kedua, dimana hasil pertumbuhannya pun termonitor memuaskan 100 %.

Harapannya kedepan, tanaman ini dapat tumbuh dengan sempurna dan siap untuk dipanen, sehingga meningkatkan perekonomian anggota Kelompok Tani Fajar Pansur Nauli khususnya dan masyarakat Desa Lae Hole II pada umumnya, serta meningkatnya  kepedulian terhadap perlindungan dan kelestarian kawasan TWA Sicike-cike.

Sumber : Hafsah Purwasih, S.Hut. - Penyuluh Kehutanan Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini