Temukan Bekas Cakaran Diduga Beruang Madu, BBKSDA Riau Pasang Kamera Jebak

Senin, 18 Juli 2022

Pekanbaru, 16 Juli 2022. Petugas Seksi Konservasi Wilayah IV Balai Besar KSDA Riau melakukan penanganan konflik Beruang Madu di Kelurahan Rantau Panjang, Kecamatan Rumbai Barat, Pekanbaru, pada hari Kamis s.d. Jumat, 7 s.d. 8 Juli 2022.

Setelah mendapatkan laporan pada tanggal 6 Juli 2022, Call Center Balai Besar KSDA Riau meneruskan kepada petugas untuk dapat menindaklanjuti laporan dari masyarakat bahwa ada satwa yang diduga beruang madu (Helarctos malayanus) berkeliaran di sekitar kebun mereka. Salah satunya milik bapak Irwan.

Tim Wild Life Rescue Balai Besar KSDA Riau langsung diturunkan untuk memastikan kemunculan satwa tersebut. Saat melakukan pemantauan ke lokasi kejadian, Tim menemukan bekas cakaran yang mirip dengan bekas cakaran beruang. Berdasarkan keterangan Kimin seorang penjaga kebun, satwa tersebut telah memakan hasil perkebunan yang ada seperti cempedak dan umbut kelapa.

Keesokan harinya Tim kembali ke lokasi dan menemukan bekas cakaran baru. Dengan adanya kemunculan satwa tersebut masyarakat menjadi resah dan tidak tenang dalam melakukan aktivitas terutama pada malam hari karena di sekitar kebun juga terdapat pemukiman masyarakat.

Tim kemudian memasang kamera trap di jalur satwa untuk memastikan jenis dan jumlah individu satwa yang diduga beruang madu. Tim memberikan sosialisasi dan mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada, mengurangi aktivitas pada malam hari dan melaporkan ke Balai Besar KSDA Riau segera apabila terdapat kemunculan yang baru.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini