Petugas Resort Taman Buru Pulau Pini Ikut Padamkan Kebakaran Lahan di Madina

Selasa, 29 Maret 2022

Petugas Resort TB Pulau Pini beserta masyarakat berjibaku memadamkan kebakaran lahan

Natal, 29 Maret 2022. Kebakaran lahan terjadi di areal perkebunan masyarakat di Bukit Bendera yang terletak diantara dua desa, yaitu Desa Pasar 3 dan Desa Rukun Jaya Kecamatan  Natal, Kabupaten Mandailing Natal, pada Minggu 27 Maret 2022, sekitar pukul 17.00 Wib. Petugas Resort Taman Buru Pulau Pini pada Seksi Konservasi Wilayah V Sipirok, bersinergi dan berjibaku dengan petugas  Kepolisian Sektor  Natal, Kepala Desa Pasar 3 beserta perangkatnya , Kepala Desa Karya Bakti dan perangkatnya, tim pemadam kebakaran dari kecamatan Natal, tim pemadam kebakaran PT. Gruti, dan masyarakat setempat, dalam memadamkan kebakaran lahan ini. Beratnya kondisi medan menyebabkan api baru dapat dipadamkan setelah 4 jam kemudian.

Dari keterangan yang dikumpulkan, sumber api diperkirakan berasal dari tempat pemakaman umum yang ada di atas bukit tersebut. Diduga ini diakibatkan kelalaian peziarah yang membakar sampah di sekitar lokasi pemakaman yang banyak ditumbuhi ilalang kering. Tiupan angin ikut membantu mempercepat api menjalar di lahan yang berbatasan dengan areal peruntukan lain (APL) PT. Gruti. Untungnya tidak ada korban jiwa. Kerugian dan luasan areal yang terbakar masih dalam penghitungan tim kepolisian serta pihak kecamatan Natal.

Sebagian lahan yang hangus terbakar

Petugas Resort Taman Buru Pulau Pini tidak lupa menyampaikan sosialisasi dan mengingatkan masyarakat sekitar, untuk waspada dan tidak melakukan aktifitas atau kegiatan yang berdampak terhadap terjadinya kebakaran lahan, seperti yang baru terjadi.

Sumber : Muslim Surbakti - Kepala Resort Taman Buru Pulau Pini Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini