Tujuh KTH Dievaluasi Program Kemitraan Konservasi

Jumat, 18 Maret 2022

Evaluasi dilakukan bersama kelompok KTH kemitraan konservasi

Stabat, 18 Maret 2022. Tahapan manajemen terdiri dari 3 proses utama, yaitu  perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Evaluasi diperlukan untuk membandingkan hasil yang telah dicapai selama pelaksanaan program dengan tolak ukur atau rencana awal yang sudah disepakati bersama. Hal itu lah yang dilakukan oleh Balai Besar KSDA Sumatera Utara bersama dengan mitra yaitu tujuh Kelompok Tani Hutan (KTH) yang bekerjasama dalam  pemulihan ekosistem di Suaka Margasatwa (SM) Karang Gading dan Langkat Timur Laut.

Pada Selasa, 15 Maret 2022 bertempat di Gedung PKK Stabat, Kabupaten Langkat, Balai Besar KSDA Sumatera Utara melakukan silaturahmi dengan tujuh KTH, diantaranya KTH Indah Bersama, KTH Gading Hijau, KTH Tumbuh Subur, KTH Mangrove Sejahtera, KTH Harapan Indah, KTH Tanjung Harapan dan KTH Tunas Tanjung Harapan. Disamping silaturahmi, juga dilakukan kegiatan evaluasi pelaksanaan program untuk mengetahui sejauhmana target yang telah dicapai, apa yang menjadi kendala selama pelaksanaan program dan juga mencari solusi dalam mengatasi kendala tersebut sehingga tujuan bersama untuk memulihkan kawasan dan meningkatkan perekonomian masyarakat dapat terwujud.

Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara yang diwakili, Kepala Bidang KSDA Wilayah I Kabanjahe, Mustafa Imran Lubis, S.P. membuka secara resmi evaluasi kemitraan konservasi, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan Peraturan Direktur Jenderal KSDAE Nomor P.6/KSDAE/SET/Kum.1/6/2018 tentang Petunjuk Teknis Kemitraan Konservasi oleh Kepala Sub Bagian data, Evaluasi, Pelaporan dan Kehumasan, Andoko Hidayat, S.Hut, M.P.

Pada acara inti dilakukan  pembahasan dan fasilitasi  pelaksanaan evaluasi dan pelaporan, yang dipandu oleh fasilitator  Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Stabat, Herbert B.P. Aritonang, S.Sos, M.H. Pembahasan (diskusi) menjadi menarik karena masing-masing KTH  berbeda dalam pencapaian hasil, demikian juga berbeda dalam metode pelaksanaan serta punya kendala atau tantangan masing-masing. Namun semua pengurus KTH berkomitmen untuk terus merealisasikan apa yang telah disepakati dalam kerjasama kemitraan, khususnya dalam memulihkan ekosistem di kawasan SM. Karang Gading dan Langkat Timur Laut.

Seluruh peserta juga sepakat bahwa kegiatan evaluasi sangat penting dan bermanfaat untuk mengukur tingkat keberhasilan serta menjadi acuan dalam  melanjutkan dan merealisasikan program kedepannya.

Sumber : Ainy Amelya Utami, S.Hut.-Penyuluh Kehutanan Balai Besar KSDA Sumatera Utara

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini