Bangun Momentum, Rimbawan Bunaken Operasi Bersih Sampah

Selasa, 15 Maret 2022

Manado, 15 Maret 2022. Momentum Hari Bakti Rimbawan yang diperingati setiap tanggal 16 Maret menjadi penyemangat karyawan dan karyawati untuk terus mengabdi, mengokohkan persatuan dan meningkatkan jiwa korsa rimbawan, demikian yang dilakukan para staf di tingkat tapak Resort Bunaken, Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Balai Taman Nasional Bunaken.

Selama 2 bulan terakhir di Tahun 2022 selalu giat melakukan operasi pembersihan sampah utamanya di titik kunjungan wisata Pantai Liang Pulau Bunaken, tercatat sejak bulan Januari - Februari telah terkumpul sebanyak 230 karung dengan berat total +/- 750 kg yang sebagian besar merupakan sampah plastik.

Operasi bersih sampah di di titik utama lokasi wisata sebagai bentuk pelayanan publik kepada masyarakat dan pengunjung sehingga merasa nyaman dan tidak terganggu estetika dalam berwisata, tak mengherankan memang setiap akhir dan awal tahun saat pergantian musim cuaca ekstrim melanda beberapa wilayah Sulawesi Utara dengan hujan lebat, angin kencang, dan gelombang tinggi membawa tumpukan sampah ke lokasi Pantai Liang Bunaken.

Dalam momentum Hari Bakti Rimbawan, petugas Resort Bunaken bersama masyarakat, kelompok binaan, Masyarakat Mitra Polhut (MMP), Dive Center dan Resort OASIS serta mahasiswa PMKM Prodi Kehutanan melakukan operasi bersih sampah di area pasir panjang Pulau Bunaken.

“Kami bersama para pihak telah mengumpulkan sebanyak 30 karung sampah plastik dengan berat 90 kg di area pasir panjang sebagai lokasi pendaratan peneluran penyu, Selasa (15/3). Tentunya ini akan menyiapkan area yang bersih dari gangguan bagi penyu sebagai  satwa yang dilindungi untuk tempat bertelur selama musim ini”, kata Engelin Pomantow Kepala Resort Bunaken.

Kepala Balai Taman Nasional Bunaken Genman S. Hasibuan, S.Hut, MM menyampaikan sebagai komitmen dan integritas kami dalam melayani publik, terus berupaya melakukan operasi bersih sampah, tidak hanya layanan terhadap estetika bagi pengunjung dan masyarakat tetapi juga untuk pelestarian habitat satwa prioritas TN Bunaken yang dilindungi.

Balai Taman Nasional Bunaken akan terus berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah serta pihak-pihak terkait dalam penanganan sampah. Kami juga berupaya memberikan edukasi kepada publik agar tidak membuang sampah sembarangan, mengingat kawasan Taman Nasional Bunaken dengan wilayah perairan terbuka dengan 5 muara sungai besar dari Kota Manado dan sekitarnya sehingga sampah yang dibuang ke sungai akan bermuara ke dalam TN Bunaken.

Sampah yang terakumulasi di perairan kemudian menutupi terumbu karang akan meningkatkan kematian karang, kita tahu bersama karang menjadi objek utama tujuan kunjungan wisata dan sumber perikanan dengan bersih sampah karang sebagai habitat utama dapat terus lestari, tutup Genman.

Sumber : Balai Taman Nasional Bunaken

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini