Bersama Amankan Deteksi Hot Spot

Minggu, 13 Maret 2022

Lubuk Kembang Bunga, 14 Maret 2022.  Tim gabungan yang terdiri dari Brigdalkarhut Balai Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN), Personil TNI, Personil Polri, masyarakat peduli api (MPA) Desa Lubuk Kembang Bunga (LKB), dan personil dari PT. RAPP melakukan pemadaman karhutla yang terjadi di area kenayang Resort Lancang Kuning Air Sawan, SPTN Wilayah I LKB, Jumat (4/3).

Pemadaman api dilakukan setelah Brigdalkarhut mendapat laporan dari masyarakat pada pukul 17.50 WIB bahwa telah terdeteksi kebakaran di area tersebut. Mendapatkan laporan itu, secara sigap tim langsung melakukan persiapan ground check dan tiba di lokasi pada pukul 18.45 WIB.

Pemadaman dilakukan secara manual dibantu oleh masyarakat hingga api padam total. Kemudian tim meninggalkan TKP setelah memastikan sudah tidak ada titik api di lokasi kebakaran. Untuk berjaga-jaga dan mencegah api kembali menyala, keesokan harinya pada Sabtu (5/3) tim kembali melakukan pengecekan dan pendinginan terhadap sisa-sisa api tunggul.

Selain tetap bersiaga untuk mencegah kebakaran kembali terjadi, petugas TN Tesso Nilo menghimbau masyarakat untuk tidak membakar kawasan hutan untuk kepentingan apapun, karena membakar kawasan Taman Nasional adalah perbuatan melanggar hukum dan akan diberikan sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku. Masyarakat juga diminta untuk melaporkan kepada petugas jika melihat atau mengetahui adanya kebakaran atau indikasi pembakaran hutan.

Sumber : Balai Taman Nasional Tesso Nilo

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini