Memantau Pergerakan Liar Dua Gajah Jantan

Kamis, 10 Maret 2022

Pekanbaru, 10 Maret 2022 - Tim Resort Kerumutan Selatan Balai Besar KSDA Riau bersama masyarakat Desa Sungai Raya dan Desa Sungai Beringin, Kec. Rengat, Kab. Inhu masih melakukan mitigasi konflik satwa liar gajah sumatera dari tanggal 8 hingga 9 Maret 2022.

Mitigasi konflik diawali dengan melakukan pengecekan tanaman sawit dan kelapa  masyarakat yang dimakan gajah liar, juga melakukan pemantauan pergerakan satwa tersebut yang terjebak banjir di rawa gambut sekitar pemukiman warga mendekati sekolah SD, SMP serta SMU di Desa Sungai Beringin (mendekati jalan lintas Rengat - Tembilahan).

Warga juga dihimbau agar tidak sendiri sendiri melakukan pengusiran gajah tanpa pendampingan dari petugas karena petugas melihat ada warga yang melakukan pengusiran dengan menggunakan perahu dengan kondisi di sekitar lokasi banjir dan dikelilingi oleh kanal/parit yang dalam.

Kondisi hujan deras yang terus menerus dan air di sekitar lokasi yang semakin naik membuat Tim waspada akan kondisi gajah sumatera tersebut sehingga pemantauan pergerakan satwa harus dilakukan. Sampai saat ini Balai Besar KSDA Riau bersama para pihak tengah mencari solusi terbaik untuk kedua gajah jantan tersebut.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini