Rawan Illegal Logging, BBKSDA Riau Telusuri SM Kerumutan Selatan

Kamis, 20 Januari 2022

Pekanbaru, 20 Januari 2022 – Patroli dan pemantauan di sekitar kawasan Suaka Margasatwa (SM) Kerumutan Selatan tepatnya di Sungai Batang Rengat dilakukan Resort Kerumutan Selatan (Pekan Heran) Balai Besar KSDA Riau bersama Staf Kesbang Pol Kab. Inhu, Selasa (18/1). Sungai Batang Rengat merupakan salah satu titik rawan illegal logging dan di sekitar kawasan SM Kerumutan bagian Selatan.

Tim berjumpa dengan warga  yang sedang melangsir kayu olahan sebanyak +/- 1 meter kubik, menurut pengakuannya, kayu olahan tersebut adalah kayu dari kebunnya yang akan digunakan untuk bangunan pondok tidak jauh dari lokasi tersebut. Warga tersebut diberikan pembinaan agar tidak melakukan penebangan dan perambahan di dalam kawasan SM Kerumutan. Sanksi tegas akan diberikan jika kegiatan tersebut dilakukan. Tim juga menyampaikan dampak buruk yang akan terjadi jika hutan rusak.

Penyisiran kemudian dilanjutkan di hulu Sungai Batang Rengat dan dijumpai satu perahu motor yang diikat tanpa ada pemiliknya. Sosialisasi langsung diberikan kepada masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan SM Kerumutan Selatan wilayah Desa Rantau Bakung, Kec. Rengat Barat. Tim mengajak masyarakat untuk ikut menjaga kawasan tersebut agar tetap lestari, karena jika terjadi kerusakan terhadap kawasan hutan, maka warga sekitarlah yang pertama akan mendapat dampak buruknya.

Semoga masyarakat sekitar kawasan menyadari bahwa peran mereka sangat diperlukan sebagai salah satu benteng terjaganya kawasan hutan.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

[Teks : DI, Foto : Tim admin BBKSDARIAU |012022]

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini