Tim BBKSDA Riau Lakukan Mitigasi Konflik Satwa Liar Tapir di Pemukiman Warga

Senin, 10 Januari 2022

Pekanbaru, 10 Januari 2022 – Tim Resort Kerumutan Selatan Balai Besar KSDA Riau melakukan mitigasi konflik satwa Tapir di Kelurahan Kampung Dagang, Kecamatan Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu (03/02/2022).

Berawal dari laporan masyarakat, tim yang dipimpin Bpk. Zulkifli turun ke lokasi menjumpai warga yang melaporkan adanya penampakan satwa liar yang diduga satwa Tapir. Satwa dijumpai sekitar pukul 20.15 WIB pada malam pergantian tahun sedang melintas dan makan rumput di depan rumahnya.

Tim melakukan pengecekan di sekitar rumah tersebut dan ditemukan jejak satwa Tapir. Diperkirakan satwa berjumlah 2 ekor, satu ekor induk dewasa dan satu ekor anak yang masih remaja. Hal ini diperkuat kesaksian warga yang melihat ada 2 ekor Tapir sedang makan daun nangka di sekitar perumahan warga sekitar pukul 04.00 WIB menjelang subuh.

Tim menyisir jejak sampai pinggiran sungai Indragiri dan hanya menemukan sisa makanan dari jalur yang dilewati satwa dilindungi tersebut. Karena lokasi sepanjang pinggiran sungai Indragiri dipenuhi belukar dan kebun sawit, tim mengalami kesulitan dalam melakukan pencarian.

Tim menghimbau kepada warga agar tidak melakukan perburuan dan tindakan anarkis terhadap satwa Tapir karena merupakan salah satu satwa dilindungi undang-undang. Tak lupa, tim menghimbau kepada segenap warga agar melaporkan kepada pihak terkait dan Balai Besar KSDA Riau apabila menjumpai kembali satwa tersebut.

 

 

#bersamakitabisa

#karenakonservasitakmungkinsendiri_

Sumber : Balai Besar KSDAE Riau

(Teks : DI, Foto : Tim admin)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini