Peningkatan Kapasitas Mitra Konservasi Kelompok Nelayan Tradisional Resort Sebangau Kuala

Senin, 06 Desember 2021

Palangkaraya, 06 Desember 2021 – Balai Taman Nasional Sebangau melalui Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Pulang Pisau, Resort Sebangau Kuala melaksanakan Kegiatan Peningkatan Kapasitas Mitra Konservasi bersama kelompok nelayan tradisional Putra Muara Pangkoh dan Paduran Sebangau Makmur. Kelompok nelayan tradisional ini merupakan kelompok masyarakat binaan Balai TN Sebangau, dimana anggotanya merupakan masyarakat di Desa Paduran Sebangau yang merupakan penyangga TN Sebangau. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 01-02 Desember 2021, bertempat di Rumah Kepala Desa Paduran Sebangau.

Dalam Kegiatan ini, kelompok nelayan tradisional dilatih untuk membuat olahan hasil perikanan  berupa ikan asin dan wadi (makanan khas tradisional dari ikan yang sudah difermentasi). Bahan dasar yang digunakan adalah ikan gabus (channa striata) yang berasal dari sungai Sebangau. Kegiatan dipandu langsung oleh Narasumber yang merupakan pengusaha makanan “Robinfood dan snack’ di Palangkaraya, Supeni Wirawati. Materi yang dipaparkan meliputi cara pengolahan ikan asin dan wadi menggunakan bahan ikan segar yang mudah didapat terutama di sungai Sebangau, dilanjutkan dengan materi cara proses penjemuran, fermentasi, pengemasan/packaging sampai dengan pemasaran.

Pada kesempatan tersebut turut hadir Camat Sebangau Kuala, Kepala Desa Paduran Sebangau, Kepala Balai Penyuluhan Pertanian (BPP). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kelompok nelayan tradisional dalam pengelolaan hasil perikanan. Harapannya kelompok nelayan mampu membuat produk olahan hasil perikanan secara mandiri guna meningkatkan kesejahteraan perekonomian untuk mendukung kelestarian kawasan konservasi.

 

Sumber : Balai TN Sebangau (Tito Surogo, Dedy Irawan, Diyah Ratna)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini