BKSDA Sumbar Menerima Seekor Binturong dari Damkar Payakumbuh

Kamis, 18 November 2021

Padang, 18 November 2021. Penyerahan satwa dilindungi jenis Binturong pada hari ini (18/11) ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Barat (BKSDA Sumbar) merupakan suatu bentuk kepedulian para pihak terhadap satwa dilindungi. 

Diketahui sebelumnya satwa Binturong ini masuk ke kamar mandi warga kelurahan Balai Cacang Payakumbuh dan melaporkan ke pihak Damkar Payakumbuh. Setelah menerima laporan, Tim Damkar bergerak ke lokasi dan melakukan penangkapan dan evakuasi ke kantor Damkar Payakumbuh.

Mengetahui jenis satwa tersebut adalah satwa dilindungi, pihak Damkar Payakumbuh menghubungi petugas Resort KSDA 50 Kota dan petugas langsung ke lokasi. Setelah melakukan identifikasi, petugas Resort KSDA 50 Kota melakukan serah terima satwa dengan Damkar Payakumbuh dan mengevakuasi ke Resort 50 Kota untuk dilakukan observasi untuk melihat layak atau tidak untuk dilakukan lepas liar dan dinyatakan sehat. Selanjutnya petugas Resort KSDA 50 Kota melakukan pelepasliaran satwa binturong tersebut di salah satu kawasan konservasi di Kabupaten 50 Kota.

Binturong adalah jenis satwa karnivora yang berdasarkan Red List IUCN termasuk dalam hewan dengan status vulnerable atau rentan akibat adanya penurunan jumlah populasi yang diperkirakan lebih 30 % selama 18 tahun terakhir. Di Indonesia, Binturong termasuk jenis satwa dilindungi yang disebutkan dalam Peraturan MenLHK no. 106 tahun 2019.

Kepala BKSDA Sumbar, Ardi Andono mengucapakan terima kasih kepada warga Payakumbuh yang dengan sukerela telah melaporkan dan menyerahkan satwa dilindungi ini, terima kasih juga disampaikan kepada pihak Damkar Payakumbuh yang terlibat langsung dalam penyelamatan satwa dilindungi ini.

Mari Bersama -sama kita jaga dan linndungi satwa beserta habitatnya. Salam Lestari.

Sumber : Balai KSDA Sumatera Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini