Gajah Liar Masuk ke Kebun Masyarakat, Tim Mitigasi Konflik Gajah Lakukan Patroli Satwa

Kamis, 18 November 2021

Baserah, 18 November 2021 – Tim mitigasi konflik gajah Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Baserah kembali turun ke kawasan TN Tesso Nilo untuk melaksanakan patroli satwa liar. Patroli satwa liar kali ini dilaksanakan sehubungan dengan laporan dari masyarakat Desa Gunung Melintang dan masyarakat Teratak Baru bahwa adanya aktifitas gajah liar yang berada di sekitaran kebun milik masyarakat. (16/11/2021)

Mendapatkan laporan tersebut, tim kemudian melakukan pantauan langsung di lokasi yang dilaporkan. Pada lokasi kejadian, Tim tidak menemukan keberadaan gajah tersebut dan diduga satwa tersebut sudah meninggalkan kebun milik masyarakat. Namun dilokasi yang dilaporkan tim telah mengidentifikasi gajah liar tersebut seperti kotoran, tapak kaki dan lainnya yang diperlukan serta menyisir bekas keberadaan gajah liar.

Dari hasil pantauan dan keterangan masyarakat, gajah liar tersebut berjumlah 2 (dua) ekor dengan jenis kelamin betina dewasa dan betina anak, dua ekor gajah liar ini diduga terpisah dari rombongannya yang berada di Renangan. Kesaksian dari masyarakat menyebutkan sebelumnya gajah liar tersebut pernah memasuki areal kebun milik masyarakat sekitar satu minggu yang lalu namun sudah digiring dan diusir, akan tetapi pada tanggal 16 November 2021 sore gajah tersebut kembali memasuki areal kebun milik masyarakat.

Saat ini, masyarakat Desa Gunung Melintang dan Desa Teratak Baru melakukan kegiatan penjagaan di sekitar kebun sawit milik masyarakat untuk berjaga-jaga jika gajah liar kembali memasuki kebun masyarakat. Tim mitigasi konflik gajah SPTN Wilayah II Baserah juga memberikan edukasi serta arahan kepada masyarakat yang berjaga tentang cara bagaimana mengusir dan menggiring gajah liar kembali masuk ke dalam kawasan dan tidak melakukan tindakan-tindakan yang dapat mencederai gajah tersebut.

 

 

Sumber : Balai Taman Nasional Tesso Nilo

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini