Kelompok Tani Hutan Sawah Luak Kembangkan Tanaman Jahe

Kamis, 18 November 2021

Padang, 18 November 2021 - Balai KSDA Sumatera Barat yang diwakili oleh Kepala Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II, Petugas SKW II dan Resort Konservasi Wilayah (RKW) VII Tanah Datar menghadiri acara Penanaman Perdana Tanaman Jahe Kelompok Tani Hutan (KTH) Sawah Luak. Tidak hanya itu, kegiatan ini dihadiri langsung oleh perwakilan dari Pemerintah Nagari dan tentunya anggota kelompok tani. Kegiatan diadakan langsung di Kebun KTH Sawah Luak yang berlokasi di Jorong Batu Kadurang, Nagari Andaleh Kec. Batipuh Tanah Datar. (17/11/2021) 

KTH Sawah Luak adalah salah satu kelompok desa binaan BKSDA Sumbar yang menerima bantuan pengembangan usaha ekonomi masyarakat pada bulan September tahun 2021. Kelompok tani ini didirikan pada tanggal 22 April 2021 dengan jumlah anggota 18 orang terdapat dalam SK yang diberikan langsung oleh Nagari. 

Kegiatan pengembangan usaha ekonomi masyarakat ini adalah salah satu langkah dari BKSDA Sumbar untuk meningkatkan ekonomi masyarakat disekitar kawasan konservasi. Tujuan utama pengembangan usaha ekonomi masyarakat ini adalah agar aktivitas masyarakat baik itu merambah maupun berladang di dalam kawasan hutan konservasi dapat teratasi.  

Salah satu usaha ekonomi yang dikembangkan oleh KTH Sawah Luak ini adalah Tanaman Jahe karena dahulunya Nagari Andaleh ini terkenal dengan nagari yang memproduksi jahe. Anggota kelompok berharap pengembangan usaha ekonomi berupa tanaman jahe ini adalah langkah awal bagi anggota untuk dapat meningkatkan ekonomi kelompok bahkan ekonomi masyarakat disekitar kawasan. KTH Sawah Luak berkomitmen untuk dapat mengembangkan usaha jahe ini, tidak hanya untuk di tanam dan dipanen tapi juga dapat memproduksi usaha-usaha lain seperti permen jahe, teh jahe, kopi jahe dll sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar. 

BKSDA Sumatera Barat mengapresiasi semangat KTH Sawah Luak dan berharap bahwa dengan adanya kerjasama ini KTH Sawah Luak dapat menjadi pelopor pengembangan usaha di Nagari Andaleh. Selain itu, KTH Sawah Luak menjadi Tombak dalam menjaga dan melindungi Kawasan Hutan Konservasi

 

 

Sumber : Balai KSDA Sumatera Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini