Beruang Madu Masuk Rumah Warga di Pelalawan

Kamis, 04 November 2021

Pekanbaru, 4 November 2021 - Resort Kerumutan Utara Balai Besar KSDA Riau bersama Kepala Dusun Pamai Lama, Desa Bukit Kesuma dan masyarakat sekitar melakukan mitigasi konflik beruang madu di Desa Bukit Kesuma, Kec. Pangkalan Kuras, Kab Pelalawan, Selasa (3/11).

Sebelum melakukan penanganan, Tim Balai Besar KSDA Riau berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas Desa Kesuma via telpon dan melakukan pengecekan di lokasi terlihatnya beruang. Di lokasi, Tim menemukan salah satu sarang beruang di atas pohon belakang rumah warga. Menurut keterangan warga setempat, beruang tersebut berjumlah 3 ekor dengan rincian 2 beruang dewasa dan satu anakan.

Pengecekan kemudian dilanjutkan di dua rumah warga yang hampir dimasuki satwa beruang madu. Rumah pertama diketahui terjadi kerusakan di dapur karena beruang berusaha membuka dinding dapur untuk mengambil madu dan sarang lebah yang tersimpan di dapur. Dari hasil pengecekan di rumah kedua diketahui beruang membongkar  kandang  ayam di sekitar rumah warga. Dari keterangan masyarakat setempat, beruang sudah sekitar 1 minggu berkeliling ke kandang ayam dan memakan ayam milik warga.

Tim melakukan sosialisasi kepada masyarakat setempat supaya tidak bertindak anarkis terhadap beruang tersebut, karena Beruang termasuk satwa liar yang dilindungi. Masyarakat agar menghidupkan api unggun atau penerangan lainnya ditempat biasa didatangi beruang dan dalam melakukan penanganan terhadap satwa liar termasuk Beruang madu agar tetap berkoordinasi dengan pihak Balai Besar KSDA Riau.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini