Kelompok Pengelola Ekowisata Binaan Balai TN Bantimurung Bulusaraung Tingkatkan Kapasitas

Jumat, 05 April 2024 BBKSDA Sulawesi Selatan

Bantimurung – 5 April 2024. Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung (TN Babul) pada Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Camba, Selasa (2/4), menggelar peningkatan kapasitas kelompok masyarakat dalam rangka ekowisata di Ruang Rapat Kantor JICS Bantimurung. Sebanyak 30 peserta hadir yang terdiri dari Kepala Balai TN Babul Bapak T. Heri Wibowo, S.Hut., M.Eng dan Kepala SPTN Wilayah II Camba Ibu Nur Aisyah Amnur, SP., MP., Kepala Resort, Pendamping Kelompok, Kelompok Pengelola Ekowisata (KPE) Bantimurung, KPE Bislab, KPE Karst Leang Pute dan KPE Padang Loang. 

Kepala Balai TN Babul yang membuka kegiatan sekaligus memberikan paparan singkat terkait tata kelola ekowisata yang ada di TN Babul, serta hasil survey kepuasan masyarakat. Peningkatan kapasitas ekowisata ini tak hanya untuk mengembangkan pengetahuan dan wawasan serta meningkatkan kemandirian kelompok masyarakat sekitar kawasan TN Babul khususnya Kelompok Pengelola Ekowisata (KPE), juga dapat mengembangkan keterampilan interpretasi, manajemen peralatan, pengelolaan konflik, dan koordinasi pemandu di destinasi ekowisata, serta membangun sikap adaptasi terhadap lingkungan sosial yang beragam, tanggap terhadap perubahan zaman, dan berkomitmen pada prinsip-prinsip keberlanjutan ekowisata. Selain itu, diharapkan peserta juga dapat memahami konsep ekowisata, kebijakan konservasi, serta peraturan keselamatan dan kesehatan kerja dalam konteks penyelenggaran wisata alam.

Peserta berpartisipasi aktif dan berinteraksi dengan metode tatap muka dan ceramah dalam ruangan. Sharing pengalaman dipandu oleh moderator dan narasumber dengan mekanisme diskusi. Materi yang disampaikan dalam kegiatan peningkatan kapasitas kelompok masyarakat dalam rangka ekowisata, meliputi :

a. Peran Pemuda dan Lembaga Kepariwisataan dalam Membangun Desa Wisata oleh Bapak M. Ferdiansyah (Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga);

b. Peran Forum Jasa Wisata Alam Androcles oleh Bapak Andi Mulatauwe (Ketua Forum Jasa Wisata Alam Androcles);

c. Prosedur Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam Pemanduan Ekowisata oleh Bapak Arman Amiruddin, SE (Basarnas);

d. Teknik Promosi Produk Wisata UMKM Melalui Media Sosial oleh Bapak Mudrikang Hidayat .N, S.Sos, M.LAP.

Sumber: Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini