Pengembangan Bioprospeksi, BTN Gunung Ciremai Diskusi ke Balai TN Gunung Merapi

Jumat, 01 Maret 2024 BTN Gunung Merapi

Kaliurang, 1 Maret 2024. Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM) menerima kunjungan dari Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC), pada 1 Maret 2024.  Kunjungan ini terkait dengan kegiatan penguatan kapasitas pegawai, terkait dengan pengembangan bioprospeksi.  

Dalam kunjungan ini, BTNGC dipimpin oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Didi Sujiyanto.  Didi menyampaikan bahwa kunjungan ke BTNGM ini dalam rangka belajar dan diskusi tentang pengembangan bioprospeksi yang dikembangkan di BTNGC juga.  

Kepala Sub Bagian Tata Usaha BTNGM, Pairah, serta Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Magelang Sleman, Sutris Haryanta menyambut rombongan.  Pairah menyampaikan selamat datang pada rombongan BTNGC.   Semoga diskusi hari ini tentang bioprospeksi, bisa mendatangkan manfaat bagi kedua belah pihak, pungkasnya. 


Selanjutnya Ketua tim bioprospeksi BTNGM, Ari Nurwijayanto, menyampaikan bahwa bioprospeksi adalah kegiatan eksplorasi, ekstraksi dan penapisan sumber daya alam hayati untuk pemanfaatan secara komersial baik dari sumber daya genetic, spesies dan atau biokimia beserta turunannya.  Dalam kurun waktu tiga tahun (2020-2023) telah dikembangkan 8 bahan baku yang menghasilkan 19 produk bioprospeksi. Bahan baku yang digunakan yaitu Clidemia hirta, Acacia decurrens, Laccifer lacca, Scutellaria discolor, Colocasia gigantean, Debregeasia longifolia, Euchresta horsfieldii, dan Blumea balsamifera.  Ke depannya, masih ada beberapa yang akan dikembangkan, termasuk untuk pengurusan dokumen legalitasnya, dan hal ini memerlukan dukungan berbagai pihak, pungkas Ari.  

Kemudian paparan kedua disampaikan oleh Dekan Fakultas Teknobiologi Universitas Atmajaya Yogyakarta, Ines Septi Arsiningtyas. Ines memaparkan tentang perjalanan kerja sama antara FTB UAJY dengan BTNGM, yang tertuang dalam perjanjian kerja sama (PKS).  Juga disampaikan tentang proses penelitian bioprospeksi yang dilaksanakan FTB UAJY dan BTNGM selama ini.   Pasca kedua paparan tersebut, dilanjutkan diskusi yang menarik, terkait dengan pengalaman pengembangan bioprospeksi di BTNGM maupun BTNGC.   ***

Sumber: Balai Taman Nasional Gunung Merapi


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini