Bersama Untuk Cagar Biosfer Merapi Merbabu Menoreh

Kamis, 24 Agustus 2023 BTN Gunung Merapi

Sleman, 23 Agustus 2023. Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) bersama-sama dengan para pihak membahas draft Surat Keputusan Forum Koordinasi dan Komunikasi Pengelolaan Cagar Biosfer Merapi Merbabu Menoreh Wilayah daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di Aula Balai TNGM pada Hari Rabu, 23 Agustus 2023.

Penyusunan forum tersebut merupakan tindak lanjut penetapan Cagar Biosfer Merapi Merbabu Menoreh oleh UNESCO pada 28 Oktober 2020.   Cagar Biosfer ini melingkupi TN Gunung Merapi, TN Gunung Merbabu, dan Suaka Margasatwa (SM) Sermo sebagai zona inti. 

Dalam sambutannya, Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM), Muhammad Wahyudi, S.P., M. Sc., menyampaikan bahwa TNGM memiliki posisi strategis dalam perspektif pengelolaan lingkungan di Daerah Istimewa Yogyakarta. “TNGM masuk ke dalam Kawasan Strategis Nasional serta merupakan bagian dari Cagar Biosfer Merapi Merbabu Menoreh dan Taman Bumi (Geopark) Yogyakarta.”

Pihak-pihak yang terlibat di antaranya yaitu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Daerah Istimewa Yogyakarta dan beberapa UPT KLHK lainnya seperti Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Jawa, Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BPSIK), Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) D.I Yogyakarta, dan Balai Pengelolaan Daerah Aliran (BPDAS) Serayu Opak Progo.  Forum Koordinasi dan Komunikasi Pengelolaan Cagar Biosfer Merapi Merbabu Menoreh Wilayah DIY ini akan ditetapkan melalui Surat Keputusan Gubernur DIY.  

Sumber: Balai Taman Nasional Gunung Merapi

*****

Pembuat berita : Ayu Diyah Setiyani
Penyunting berita : Titin Septiana Rahmawati
Penanggung jawab: Muhammad Wahyudi, S.P, M.Sc. (Kepala Balai) - 085244012365
FB: Taman Nasional Merapi
Twiter: @btngunungmerapi
IG: @btn_gn_merapi
Website : tngmerapi.id


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini