PEH Berkarya: Mengisi Kuliah Umum Program Studi Ilmu Kelautan Universitas Jenderal Soedirman

Minggu, 30 Juli 2023 BTN Komodo

Labuan Bajo, 11 Juli 2023 - Muhammad Ikbal Putera selaku Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) Ahli Muda Balai Taman Nasional Komodo mendapatkan kesempatan menjadi narasumber untuk kuliah umum mahasiswa program studi Ilmu Kelautan Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) secara daring. Pelaksanaan kuliah umum tersebut diselenggarakan berdasarkan permohonan Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNSOED yang ingin mempelajari lebih dalam informasi terkait pengelolaan Taman Nasional Komodo, utamanya pengelolaan kawasan pesisir yang mahasiswanya dapat pelajari secara langsung melalui kegiatan magang ataupun penelitian akhir.

Pada kesempatan sebelumnya, satu mahasiswi Ilmu Kelautan UNSOED, Zahra Tufaila Pambudi, mendapatkan kesempatan magang di Balai Taman Nasional Komodo mulai dari tanggal 23 Januari – 13 Maret 2023. Keikutsertaan Zahra dalam program magang Junior Park Ranger (JPR) Balai Taman Nasional Komodo menjadi gerbang awal bagi mahasiswa kelautan UNSOED berikutnya melaksanakan kegiatan pendidikan dan penelitian di Taman Nasional Komodo. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNSOED mengapresiasi sistem magang yang diterapkan oleh Balai Taman Nasional Komodo dimana mahasiswa tidak hanya mengikuti rutinitas pegawai di kantor maupun lapangan, namun juga dituntut untuk memiliki Small-Scale Research (SSR) yang relevan dengan bidang keilmuannya. Hal ini dimaksudkan agar mahasiswa dapat menggunakan data yang diperolehnya saat magang untuk keperluan penelitian/tugas akhirnya nanti, sehingga waktu yang digunakan lebih efektif dan efisien.

Tentu skema magang SSR ini tidak mudah dan memerlukan kesiapan yang matang dari para calon peserta magang dan dosen pembimbing universitas terkait. Jika dinyatakan lolos seleksi magang, maka para peserta magang akan dibimbing langsung perjalanan pembelajarannya oleh Muhammad Ikbal Putera selaku supervisor magang selama maksimal enam bulan durasi magang. Para peserta harus mempresentasikan rencana magang, menuliskan laporan mingguan/berkala capaian pembelajaran tertentu, mengikuti ujian magang, dan mempresentasikan hasil kegiatan magang sebelum dikeluarkan Surat Keterangan Selesai Magang dan Sertifikat Magang di akhir periode magangnya.

Balai Taman Nasional Komodo dengan diselenggarakanya kuliah umum ini, kontinuitas peserta magang dari program studi Ilmu Kelautan UNSOED untuk belajar mengenai pengelolaan Taman Nasional Komodo berlanjut. Balai Taman Nasional Komodo menekankan pentingnya kolaborasi dan heterogenitas latar belakang pendidikan dalam mewujudkan pengelolaan Taman Nasional Komodo yang kolaboratif dan integratif di masa yang datang


Sumber : Balai TN Komodo

Penulis Berita : Vincentsius Thomas Riestyan (Mahasiswa Destinasi Pariwisata Politeknik Pariwisata NHI Bandung)

Penyunting Berita : Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.S. (PEH Ahli Muda)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 3.3

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini